Pemberdayaan Kelompok Tani Ternak Melalui Pelestarian Kambing Peranakan Ettawa Ras Kaligesing di Wilayah Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo


Nur Atika Sari , 1201413025 (2017) Pemberdayaan Kelompok Tani Ternak Melalui Pelestarian Kambing Peranakan Ettawa Ras Kaligesing di Wilayah Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413025.pdf]
Preview
PDF
Download (850kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan merupakan suatu kegiatan yang berkesinambungan, dinamis, secara sinergis mendorong keterlibatan semua potensi yang ada dalam masyarakat.Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Pengelolaan pemberdayaan kelompok tani ternak di wilayah Kecamatan Kaligesing (2) Kendala dari pemberdayaan kelompok tani ternak (3) Berapa peningkatan pendapatan dari anggota kelompok tani ternak. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan mengenai pengelolaan pemberdayaan kelompok tani ternak di wilayah Kecamatan Kaligesing (2) mendeskripsikan kendala dari kegiatan pemberdayaan (3) mendeskripsikan mengenai jumlah peningkatan pendapatan dari anggota kelompok tani ternak. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di wilayah Kecamatan Kaligesing yang meliputi Desa Tlogoguwo, Desa Pandanrejo dan Desa Tawangsari. Subjek penelitian meliputi delapan orang informan, yaitu dua pendamping kecamatan, tiga pengelola kelompok tani ternak dan tiga anggota kelompok tani ternak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah didapatkannya gambaran tentang pengelolaan kegiatan pemberdayaan pada kelompok tani ternak mulai dari perencanaan kegiatan, pelaksanaan serta evaluasi yang diberikan oleh pendamping, pengelola maupun dinas terkait. Budidaya kambing melalui penggemukan, perahan serta pembibitan memberikan keuntungan lebih bagi anggota kelompok. Keuntungan tersebut berupa peningkatan pendapatanyang berkisar antara 80-100% dari hasil budidaya kambing melalui jual beli. Simpulan dalam penelitian ini adalah kegiatan dalam pemberdayaan kelompok tani ternak melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang diberikan oleh pendamping,pengelola dan dinas terkait dengan hasil peningkatan pendapatan kelompok tani ternak berupa peningkatan pendapatan yang berkisar antara 80-100% dari hasil budidaya kambing melalui jual beli dengan cara penggemukan, perahan serta pembibitan kambing peranakan ettawa ras Kaligesing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Kelompok tani ternak
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Community Empowerment
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 16:39
Last Modified: 25 May 2018 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31117

Actions (login required)

View Item View Item