PARTISIPASI PENGURUS PKK DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI DI KELURAHAN PLALANGAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Fadhilah , 1201413020 (2017) PARTISIPASI PENGURUS PKK DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI DI KELURAHAN PLALANGAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413020.pdf]
Preview
PDF
Download (764kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar orang yang memandang bahwa organisasi PKK hanya sebelah mata. Mereka menganggap PKK tidak mampu berkontribusi terhadap pemberdayaan. Padahal ada PKK yang bermutu dan produktif dalam pemberdayaan, mampu memberikan sumbangsih yang besar terhadap pemberdayaan, khusunya dalam memberdayakan wanita untuk mengaktualisasikan potensi diri mereka. Di dalam suatu program pemberdayaan tanpa adanya keterlibatan organisasi tidak akan berjalan dengan baik. Partisipasi tetap menjadi kebutuhan mendasar terhadap keberhasilan suatu program. KWT di kelurahan Plalangan merupakan organisasi di bawah binaan PKK, namun belum mampu mengembangkan usahanya secara optimal. Permasalahan yang dikaji ialah bagaimana partisipasi pengurus PKK serta faktor penghambat dan pendukung pemberdayaan KWT di Kelurahan Palangan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan partisipasi pengurus PKK dalam pemberdayaan KWT, (2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung pemberdayaan KWT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber terdiri dari 2 pengurus PKK, 4 pengurus KWT, Lurah,dan 2 perangkat desa. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan : (1) pengumpulan data, (2)Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : (1) partisipasi pengurus PKK dalam pemberdayaan KWT berupa tenaga, sumbangsih pikiran dan barang, (2) faktor penghambat pemberdayaan KWT ialah waktu, usia dan pekerjaan, sedangkan faktor pendukungnya adalah bantuan berupa barang dari berbagai pihak. Simpulan secara umum dari penelitian ini adalah partisipasi pengurus PKK dalam pemberdayaan KWT mulai dari tahap penyadaran sampai tahap transformasi berupa pikiran, tenaga dan barang, sedangkan pada tahap pengayaan tidak dilakukan. Saran secara umum yang disampaikan adalah partisipasi pengurus PKK, aparat desa maupun masyarakat hendaknya bersinergi dalam memberdayakan KWT agar mampu meningkatkan taraf hidup KWT pada khususnya dan masyarakat secara umum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Pemberdayaan, KWT
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 16:27
Last Modified: 25 May 2018 16:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31115

Actions (login required)

View Item View Item