PERANAN KOMUNITAS HARAPAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA SEKOLAH DI KAWASAN PASAR JOHAR SEMARANG
Nur Hasanah , 1201413006 (2017) PERANAN KOMUNITAS HARAPAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA SEKOLAH DI KAWASAN PASAR JOHAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Komunitas Harapan merupakan suatu kelompok sosial yang bergerak dalam bidang sosial pendidikan, memberikan pelayanan pendidikan nonformal kepada anak-anak di kawasan Pasar Johar Semarang, yang mana lingkungan tersebut terkategorikan sebagai lingkungan perkampungan kumuh di Kota Semarang. Komunitas harapan memiliki perhatian lebih terhadap pembangunan kepribadian warga belajarnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang peranan Komunitas Harapan dalam meningkatkan kemandirian anak-anak usia sekolah di kawasan Pasar Johar Semarang, beserta berbagai kendala yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 7 informan yakni 3 anak binaan komunitas harapan, 1 penggagas komunitas harapan, 2 pengelola komunitas harapan, dan 1 masyarakat sekitar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Adapun tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan komunitas harapan dalam meningkatkan kemandirian anak meliputi peranan fasilitatif, edukatif, dan representatif, yang mana telah menunjukkan hasil yang baik pada aspek kemandirian sosial dan perilaku, terlihat cukup pada aspek kemandirian emosi, dan belum terlihat peningkatannya pada aspek kemandirian berpikir. Adapun kendala yang dihadapi komunitas harapan meliputi kendala dalam pelaksanaan kegiatan komunitas harapan dan kendala dalam membangun kemandirian anak-anak binaan komunitas harapan. Simpulan dari penelitian ini ialah komunitas harapan memiliki beberapa peranan dalam meningkatkan kemandirian anak usia sekolah, yang terdiri atas peranan fasilitatif, edukatif, dan representatif. Adapun kendala yang dihadapi terletak pada pelaksanaan kegiatan komunitas harapan, dan pembangunan kemandirian anak-anak binaan komunitas harapan.Melalui permasalahan yang ada disarankan agar komunitas harapan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM nya, serta dapat lebih melakukan pendekatan kepada orang tua anak-anak binaan komunitas harapan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Komunitas Harapan, Kemandirian Anak Usia Sekolah |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 24 May 2018 16:18 |
Last Modified: | 24 May 2018 16:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31106 |
Actions (login required)
View Item |