EVALUASI PROGRAM SOSIALISASI KELUARGA BERENCANA DENGAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (KB MKJP) DI KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA


Etika Resti Hapsari , 1201413003 (2017) EVALUASI PROGRAM SOSIALISASI KELUARGA BERENCANA DENGAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (KB MKJP) DI KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413003.pdf]
Preview
PDF
Download (677kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang Evaluasi Program Sosialisasi Keluarga Berencana dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (KB MKJP) di Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. MKJP adalah metode kontrasepsi jangka panjang adalah cara kontrasepsi berjangka panjang yang dalam penggunaanya mempunyai efektifitas dan tingkat kelangsungan pemakaian yang tinggi dengan angka kegagalan yang rendah. Latar belakang penelitian ini adalah melihat pelaksanaan program yang membutuhkan evalusi untuk mengetahui keefektifan program dan keberlanjutan program, apakah akan dilanjutkan, dimodifikasi atau dihentikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program dari konteks, input, proses dan produk. Jenis penelitian ini adalah evaluatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang diagunakan adalah model evaluasi CIPP. Model ini dipilih karena evaluasi dapat dilakukan pada empat aspek yaitu evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sidorejo Kota salatiga, dengan jumlah responden 26 orang terdiri atas penyelenggara dan peserta yang dipilih dengan teknik snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik obervasi partisipasif dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program sosialisasi KB MKJP di Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga sudah berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan didukung dengan input yang baik sehingga peserta dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik. Hal ini menunjukan bahwa penacapaian tujuan program tercapai walaupun masih ada beberapa hal perlu diadakan perbaikan seperti pengadaan modul dan mengantisipasi kehadiran peserta yang melebihi jumlah yang ditentukan. Dengan demikian keberlanjutan program harus tetap berjalan dengan beberapa perbaikan agar lebih maksimal dalam pencapaian tujuan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah program berjalan dengan cukup baik mulai dari komponen konteks, input, proses dan produk. Saran untuk kegiatan sosialisasi KB MKJP ini sebaiknya melakukan kerja sama dengan pihak dinas kesehatan, dan mengantisipasi jumlah peserta hadir yang melebihi kuota agar tetap berjalan dengan baik dan dapat diterima dengan baik pula. Selain itu peningkatan kualitas petugas lapangan harus senantiasa ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evalusasi, pelaksanaan, program, sosialisasi KB MKJP
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 16:15
Last Modified: 24 May 2018 16:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31105

Actions (login required)

View Item View Item