PENGARUH PELATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN TERHADAP KESIAPAN KERJA DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA (BBPLK) SEMARANG


Danang Oky Nurahman , 1201413001 (2017) PENGARUH PELATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN TERHADAP KESIAPAN KERJA DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA (BBPLK) SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413001.pdf]
Preview
PDF
Download (832kB) | Preview

Abstract

Peserta pelatihan yang merupakan tenaga kerja membutuhkan kesiapan untuk menghadapi persaingan mendapatkan pekerjaan. Sempitnya lowongan kerja dan semakin banyaknya jumlah pencari kerja menjadi tantangan bagi peserta pelatihan. Tantangan tersebut harus dihadapi dengan kompetensi yang tinggi, selain itu peserta juga perlu memiliki sikap dan mental untuk mendukung kemampuan peserta dalam melakukan pekerjaan.. Pelatihan dasar kepemimpinan merupakan salah satu usaha yang dilakukan BBPLK Semarang untuk meningkatkan kesiapan kerja peserta pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1), mendeskipsikan dan menganalisis pelaksanaan pelatihan dasar kepemimpinan di BBPLK Semarang, 2), mendeskipsikan dan menganalisis kesiapan kerja peserta pelatihan di BBPLK Semarang, 3) menguji dan menganalisis pengaruh pelatihan pelatihan dasar kepemimpinan terhadap kesiapan kerja di BBPLK Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif menggunakan pendekatan ex-post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 69 peserta pelatihan tahap III di BBPLK Semarang. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu jika subjeknya kurang dari 100 orang sebaiknya diambil semua. Jumlah sampel uji coba instrument penelitian 25 peserta, dan 44 peserta menjadi respoden penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dana analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis regresi sederhana diperoleh keputusan bahwa Ha diterima yaitu “Terdapat pengaruh yang signifikan antara program pelatihan dasar kepemimpinan terhadap kesiapan kerja peserta pelatihan di BBPLK Semarang”. Hal tersebut didukung dengan hasil perhitungan tabel ANOVA menunjukan hasil F sebesar 23,333 dan probabilitas 0,000 yang berarti lebih kecil dibandingkan taraf signifikasi 0,05 yaitu 4,06 atau > . Besaran kontribusi variabel pelatihan dasar kepemimpinan terhadap kesiapan kerja peserta yang diperoleh dari perhitungan R Square adalah 0,357 atau sebesar 35,7%. Saran peneliti yaitu meningkatkan kualitas pelatihan dasar kepemimpinan, memberikan kegiatan tambahan untuk meningkatkan kesiapan kerja, dan melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, peserta pelatihan, kesiapan kerja.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > Basic Leadership Training
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 16:09
Last Modified: 24 May 2018 16:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31104

Actions (login required)

View Item View Item