“PENGARUH PERSEPSI PELAKSANAAN KURSUS TERHADAP KOMPETENSI PESERTA DIDIK KURSUS MENJAHIT GARMEN DI LKP TRI KARYA WONOGIRI TAHUN 2016”


Whanda Pungki Septyansari , 1201410015 (2017) “PENGARUH PERSEPSI PELAKSANAAN KURSUS TERHADAP KOMPETENSI PESERTA DIDIK KURSUS MENJAHIT GARMEN DI LKP TRI KARYA WONOGIRI TAHUN 2016”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201410015.pdf]
Preview
PDF
Download (854kB) | Preview

Abstract

permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi peserta didik mengenai pelaksanaan kursus menjahit garmen di LKP Tri Karya (2) Adakah pengaruh persepsi tentang pelaksanaan kursus menjahit garmen terhadap kompetensi peserta didik di LKP Tri Karya Wonogiri Tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan persepsi peserta didik mengenai pelaksanaan kursus menjahit garmen di LKP Tri Karya (2) Mengungkap pengaruh persepsi tentang pelaksanaan kursus menjahit garmen dengan kompetensi peserta didik di LKP Tri Karya Wonogiri Tahun 2016. Populasi penelitian ini adalah 78 peserta didik kursus menjahit garmen LKP Tri Karya Wonogiri dengan menggunakan rumus Slovin maka diperoleh responden sebanyak 44 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data menggunakan statistic deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS V 22.0. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi peserta didik mengenai pelaksanaan kursus menjahit garmen mempunyai nilai rata-rata sebesar 87,02. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik regresi linear sederhana didapati hasil bahwa ada pengaruh antara persepsi tentang pelaksanaan kursus menjahit garmen dengan kompetensi peserta didik di LKP Tri Karya Wonogiri Tahun 2016 sebesar 59.20% sedangkan lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini adalah persepsi peserta didik mengenai pelaksanaan kursus menjahit garmen dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 87,02. Adanya pengaruh persepsi tentang pelaksanaan kursus menjahit garmen dengan kompetensi peserta didik di LKP Tri Karya Wonogiri Tahun 2016 sebesar 59,20%, hal ini berarti semakin baik persepsi maka akan semakin baik pula tingkat kompetensi peserta kursus menjahit garmen. Saran yang diberikan kepada pengelola guna meningkatkan kompetensi peserta didik adalah melakukan pembenahan dan berinovasi pada semua komponen pelaksanaan kursus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kursus Menjahit Garmen, Persepsi
Subjects: L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 12:06
Last Modified: 24 May 2018 12:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31097

Actions (login required)

View Item View Item