POLA ASUH KELUARGA BURUH WANITA DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI KELURAHAN PRINGAPUS KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG


Meilida Putri Utami , 1201410011 (2017) POLA ASUH KELUARGA BURUH WANITA DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI KELURAHAN PRINGAPUS KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201410011.pdf]
Preview
PDF
Download (975kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa pola asuh merupakan suatu hal yang sangat penting bagi anak usia dini. Pada usia nol sampai enam tahun merupakan masa keemasan (golden age), masa yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya, hal yang sangat penting tertanam pada diri anak sejak kecil adalah disiplin. Oleh karena itu, peran orang tua dalam upaya pengembangan potensi anak harus optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) pola asuh keluarga buruh wanita dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini, 2) kendala dan faktor pendukung pola asuh keluarga buruh wanita dalam menanamkan disiplin anak usia dini di Kelurahan Pringapus Kec Pringapus Kab.Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 5 informan Inti (Orang Tua), dan 5 informan pendukung (pengasuh selain orang tua/ kakek, nenek, guru TK). Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Penarikan Kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini 1) pola asuh keluarga buruh wanita dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini: pola asuh adalah sikap, perilaku, orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Pola asuh yang diterapkan ke 5 informan inti (orang tua) sebagai buruh wanita dalam menanamkan kedisiplinan anak mereka cenderung menggunakan pola asuh permisif. Pola asuh permisif adalah sikap responsif orang tua yang mengalah dan menerima, selalu menuruti kehendak anak, sehingga anak melawan dan kurang memiliki kontrol diri. 2) kendala dan faktor pendukung dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini : kendala, orang tua tidak memiliki banyak waktu untuk mengasuh dan mendidik anak-anaknya dikarenakan waktu bekerja diluar rumah (pabrik) lebih banyak dibandingkan dengan waktu bersama anak, hal tersebut dikarenakan faktor ekonomi untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Faktor pendukung cara menanamkan disiplin anak, melalui pengalaman pribadi cerita pada teman di tempat kerja atau dari media televisi atau media sosial. Saran yang disampaikan: Bagi Orang Tua: peran keluarga menentukan kedisiplinan anak. Pola asuh yang demokratis penting diterapkan dalam kehidupan anak. Bagi pengasuh selain orang tua, nenek / kakek/ guru, memantau perkembangan anak, dan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua mengenai peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Menanamkan Kedisiplinan
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 11:48
Last Modified: 24 May 2018 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31095

Actions (login required)

View Item View Item