PENGEMBANGAN MODUL CETAK DAN VISUALISASI MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 2 SALATIGA
Dwi Puji Astuti , 1102413106 (2017) PENGEMBANGAN MODUL CETAK DAN VISUALISASI MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (635kB) | Preview |
Abstract
Beberapa hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran pemrograman dasar, dimana masih banyak hasil belajar siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Hal ini juga dialami siswa kelas X SMK Negeri 2 Salatiga. Hasil belajar siswa X TKJ A pada ulangan harian menunjukkan rata-rata kelas 51.8 dengan KKM 75. Hal ini disebabkan beberapa masalah dalam pembelajaran, termasuk belum adanya modul cetak dengan spesifikasi pemrograman dasar yang jelas yang disertai dengan visualisasi untuk mempermudah mereka mempelajari pemrograman. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul cetak dan visualisasi dengan materi struktur kontrol perulangan, mengetahui kelayakan dan mengetahui keefektifan modul cetak dan visualisasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Variabel dalam penelitian ini berupa kelayakan dan keefektifan modul cetak dan visualisasi. Pendekatan penelitian ini adalah dengan metode evaluative dan metode eksperimental one group pretest – posttest design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes (wawancara, angket, dan observasi). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Ada sepuluh langkah pengembangan yaitu: (1) identifikasi potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi desain; (6) uji coba produk skala kecil; (7) revisi produk tahap I; (8) uji coba pemakaian skala besar; (9) revisi produk tahap II; dan (10) produk final dengan kriteria kelayakan dari tanggapan siswa adalah baik dan tanggapan dari guru adalah sangat baik. Selain itu, keefektifan modul cetak dan visualisasi menunjukan peningkatan hasil belajar materi struktur kontrol perulangan kelas X SMK Negeri 2 Salatiga. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil pretest adalah 0% siswa tuntas dalam tes, sedangkan pada posttest adalah 83.08% siswa tuntas dalam tes. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat 83.08%. Siswa sebaiknya selalu mempelajari materi dan lembar kegiatan siswa dalam modul baik setelah maupun sebelum pembelajaran, agar hasil belajar siswa lebih meningkat, serta bagi guru semua mata pelajaran dapat mengembangkan modul cetak dengan 10 tahapan sesuai dengan penelitian ini dan yang sesuai dengan dengan kurikulum 2017 serta melakukan monitoring khusus untuk memantau pembelajaran mandiri siswa yang menggunakan modul.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, kelayakan, modul cetak, pengembangan, visualisasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2018 17:09 |
Last Modified: | 23 May 2018 17:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31091 |
Actions (login required)
View Item |