PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI NU TAHFIDHUL QUR’AN TBS, KRANDON, KUDUS


Hanifa Indriana , 1102413103 (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI NU TAHFIDHUL QUR’AN TBS, KRANDON, KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413103.pdf]
Preview
PDF
Download (794kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran merupakan kegiatan pokok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tahfidz al-Qur‟an tidak terlepas dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang harus dipersiapkan dengan matang sehingga membutuhkan pemikiran dan analisis mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tahfidz al-Qur‟an di MI NU Tahfidhul Qur‟an secara keseluruhan yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan kendala dalam pembelajaran serta solusi yang diterapkan untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Taknik sampilng menggunakan sampel bertujuan (purposive sampling) yang ditujukan kepada guru tahfidz al-Qur‟an dan siswa. Teknik untuk menguji keabsahan data dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, perencanaan pembelajaran dilaksanakan pada akhir tahun dalam rapat evaluasi tahunan. Hal-hal yang direncanakan meliputi penentuan tujuan pembelajaran, sumber belajar, materi pembelajaran, target hafalan, alokasi waktu pelajaran, seleksi penerimaan siswa baru, dan pembagian kelompok siswa baru. Kedua, pelaksanaan pembelajaran terdiri dari beberapa tahapan yakni kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Metode menghafal yang digunakan yaitu metode tasmi‟, binnadzar, wahdah, tambahan, deresan atau takrir, dan setoran atau talaqqi. Selain itu juga dilakukan pengelolaan ruang, waktu, dan fasilitas pembelajaran. Ketiga, evaluasi pembelajaran meliputi penilaian hasil belajar menggunakan evaluasi harian, bulanan, semesteran, tahunan dan evaluasi keseluruhan proses pembelajaran dilakukan dengan mengadakan rapat evaluasi bulanan dan tahunan. Keempat, dalam pelaksanaan pembelajaran dijumpai beberapa kendala baik dari siswa, guru, maupun masyarakat. Berdasarkan kendala tersebut, maka solusi yang diterapkan pihak sekolah menyesuaikan dengan sebab permasalahan. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah bahwa untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran tahfidz al-Qur‟an, perlu dilakukan perbaikan serta peningkatan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur‟an, Madrasah Ibtidaiyyah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 17:06
Last Modified: 23 May 2018 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31090

Actions (login required)

View Item View Item