PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL SEBAGAI WADAH PRODUK-PRODUK MAHASISWA JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Agus Adi Rahmat , 1102413093 (2017) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL SEBAGAI WADAH PRODUK-PRODUK MAHASISWA JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413093.pdf]
Preview
PDF
Download (957kB) | Preview

Abstract

Perkuliahannya jurusan Teknologi Pendidikan banyak menghasilkan produk-produk hasil pembelajaran. Dari 68 mata kuliah terdapat 42 mata kuliah yang menghasilkan produk pembelajaran atau lebih dari 60% persennya. Beberapa produk tersebut diantaranya yaitu karya tulis ilmiah, modul pembelajaran, video pembelajaran, film pembelajaran, mobile learning, multimedia pembelajaran, dan lain sebagainya. Produk-produk tersebut masih kurang dimanfaatkan secara maksimal. Banyak diantaranya tidak terurus dan hilang. Sementara sebagian kecil lainnya, dikoleksi dalam bentuk fisik dan disimpan dalam suatu tempat. Dari hasil temuan tersebut, penting adanya suatu sistem yang mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk itulah, peneliti melakukan pengembangan sistem yang bertujuan untuk mewadahi produk-produk perkuliahan tersebut yang diharapkan mampu menjawab permasalah tersebut. Wujud dari sistem tersebut berupa sistem informasi perpustakaan digital berbasis website. Sistem dibangun dengan metode waterfall dengan melewati beberapa tahap yaitu analisis, desain, coding, dan testing. Setelah sistem dibangun, kemudian kelayakan sistem diujikan kepada ahli media, dan dilanjutkan dengan uji keefektifan. Uji kelayakan sistem yang dilakukan kepada ahli media mendapatkan perolehan rata-rata persentase kelayakan 96,5% dengan kriteria sangat baik. Kemudian, dari hasil ujicoba kepada mahasiswa didapatkan hasil rata-rata 85%. Ini berarti penilaian mahasiswa juga memberikan kriteria sangat layak. Dengan demikian Sistem Informasi Perpustakaan Digital dapat dikatakan sangat efektif oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan mampu menjawab permasalahan sesuai dengan tujuan dari penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut Jurusan Teknologi perlu untuk segera merespon dan menindaklanjuti hasil temuan tersebut. Apabila memungkinkan, Jurusan Teknologi Pendidikan perlu segera untuk menerapkan sistem seperti yang dikembangkan oleh peneliti. Namun demikian, Pengembangan ini merupakan tahap awal, untuk kedepannya perlu adanya pengembangan tingkat lanjut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Digital, Produk-Produk Mahasiswa, Sistem Informasi Manajemen, Teknologi Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 17:03
Last Modified: 23 May 2018 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31089

Actions (login required)

View Item View Item