PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL POKOK BAHASAN KOMPOSISI GAMBAR BERBASIS ANIMASI UNTUK JURUSAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 4 SEMARANG


HADI NOVIYANTO, 1102413092 (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL POKOK BAHASAN KOMPOSISI GAMBAR BERBASIS ANIMASI UNTUK JURUSAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413092.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Video merupakan sebuah media audio visual yang mampu menyampaikan informasi dengan jelas melalui gambar dan suara. Sebagai sebuah SMK, SMK Negeri 4 Semarang juga menjalankan program PKL yang menyita banyak jam pada KBM. Video pembelajaran dapat digunakan untuk membantu mgnefektifkan pembelajaran. Penelitian ini memiliki 2 tujuan yaitu pertama untuk mengembangkan media yang membantu pembelajaran dan yang kedua untuk menguji keefektifan media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 tahapan pengembangan yang dipopularkan oleh Sugiyono. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 4 Semarang. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Desain eksperimen yang digunakan adalah posttest only group design. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi media oleh ahli media yang menyatakan sangat baik, validasi materi oleh guru yang menyatakan baik, dan hasil angket uji kelayakan oleh siswa yang menyatakan sangat baik. Hasil uji keefektifan dengan uji t (Independent Samples Test) terlihat nilai sig = 0.001, karena nilai sig lebih kecil dari 0.05 atau 0.001 < 0.05 maka H0 ditolak atau dengan kata lain rerata kelas eksperimen lebih baik daripada rerata kelas kontrol. Sedangkan dari hasil perhitungan hasil posttest kelas eksperimen yaitu 26 siswa lulus dan 8 siswa tidak lulus atau jika jumlah kelulusan dipersentasekan menjadi 76% yang berpredikat baik. Berdasar hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajara pada pokok bahasan komposisi gambar dengan menggunakan video pembelajaran berbasis animasi efektif pada pembelajaran siswa jurusan multimedia. Guru sebaiknya menggunakan media yang menarik dan harus kreatif dalam menyampaikan pesan ketika proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan berjalan secara lancar dan dapat meningkatkan hasil belajarn siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Animasi, Komposisi Gambar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 16:59
Last Modified: 23 May 2018 16:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31088

Actions (login required)

View Item View Item