PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017


Laela Insyafani , 1102413082 (2017) PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413082.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penilaian autentik merupakan penilaian yang mencakup semua aspek, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaian autentik jauh lebih rumit, sehingga beberapa guru masih mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik. Rumusan masalah; Bagaimanakah perencanaan penilaian autentik?, Bagaimanakah pelaksanaan penilaian autentik?, Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian autentik?, Bagaimana perangkat penilaian?. Tujuan umum mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas VIII. Tujuan khusus; mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan, dan menemukan faktor-faktor pendukung dan penghambat penilaian autentik, serta mendeskripsikan perangkat penilaian autentik pada pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 1 Kudus tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan deskriptif survey pendekatan kuantitatif, dengan sub variabel yaitu perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat, dan perangkat penilaian. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Kudus mengambil 3 guru mata pelajaran IPA sebagai respondennya. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penilaian autentik berjalan dengan baik diperoleh skor rata-rata APKG1 sebesar 3.78 (75.59%). Pelaksanaan penilaian autentik terlaksana dengan baik diperoleh skor rata-rata APKG2 sebesar 3.91 (78.30%). Faktor pendukung terlaksananya penilaian autentik yaitu adanya pelatihan, pendampingan kepala sekolah, sedangkan faktor penghambat yaitu siswa yang banyak dan beragam menyulitkan guru dalam melakukan penilaian, dan kurang tersedianya tempat untuk menyimpan karya siswa. Simpulan, melalui hasil wawancara dan observasi APKG1 dan APKG2 diketahui bahwa perencanaan dan pelaksanaan penilaian autentik telah terlaksana dengan baik karena guru sudah mempersiapkan diri melalui pelatihan dan pendampingan. Disarankan kepada guru agar meningkatkan kompetensi dengan banyak belajar tentang penilaian autentik dan mengikuti kegiatan seperti pelatihan kurikulum 2013, workshop dan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 16:41
Last Modified: 23 May 2018 16:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31086

Actions (login required)

View Item View Item