KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE CSCL (COMPUTER -SUPPORTED COLLABORATIVE LEARNING ) PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X SMK PALEBON SEMARANG


AKHMAD KHAMALUDIN , 1102413065 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE CSCL (COMPUTER -SUPPORTED COLLABORATIVE LEARNING ) PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413065.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Simulasi Digital (Simdig) merupakan upaya agar setiap siswa dapat berkreasi sesuai dengan bakatnya. Mata pelajaran Simulasi Digital (Simdig) merupakan mata pelajaran yang cukup sulit untuk para siswa karena merupakan pelajaran baru di kurikulum 2013. Metode pembelajaran sangat diperlukan oleh guru sesuai dengan tujuan yang dicapai setelah pembelajaran berakhir. Kenyataan dilapangan guru hanya menggunakan model pembelajaran yang di gunakan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah serta pemberian tugas semata. Proses pembelajaran yang berjalan dengan baik berkeyakinan dapat memberikan dampak pada hasil belajar siswa yang tinggi. untuk mengatasi permasalahan yang ada, peneliti menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe CSCL (Computer-Supported Collaborative Learning ) sebagai upaya menjawab kebutuhan tersebut yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran CSCL. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan disain pre eksperiment design kategori pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Palebon Semarang. Dalam teknik pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Hasil yang diperoleh, penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe CSCL (Computer-Supported Collaborative Learning ) pada mata pelajaran simulasi digital telah dilaksanakan sesuai dengan tahap penelitian. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) model pembelajaran kolaboratif tipe CSCL divalidasi oleh validator ahli model pembelajaran dan ahli materi, RPP dinyatakan valid dan layak digunakan. Ada keefektifan penerapan model pembelajaran Kolaboratif Tipe CSCL (Computer-Supported Collaborative Learning ) Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X SMK Palebon Semarang dengan besarnya pada peningkatan hasil belajar sebesar 48,05 dan hasil uji N-Gain diperoleh hasil perhitungan sebesar 76,73%, hasil tersebut merupakan hasil termasuk ke dalam kategori efektif. Penerapan model pembelajaran dilakukan dengan cukup baik. Namun temuan yang menarik guru masih belum paham mengenai model – model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu adanya pembekalan lebih masif terhadap guru tentang penerapan model pembelajaran yang variatif khususnya model pembelajaran Kolaboratif Tipe CSCL (Computer-Supported Collaborative Learning ).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Simulasi digital, Model Pembelajaran, CSCL (Computer-Supported Collaborative Learning ), Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 16:25
Last Modified: 23 May 2018 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31082

Actions (login required)

View Item View Item