Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana dengan Pendekatan Komunikatif dan Media Buku Bergambar Tanpa Teks pada Siswa Kelas III SD Negeri Patemon Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2008/2009
Dian Rahmaningtyas , 2101405002 (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana dengan Pendekatan Komunikatif dan Media Buku Bergambar Tanpa Teks pada Siswa Kelas III SD Negeri Patemon Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana dengan Pendekatan Komunikatif dan Media Buku Bergambar Tanpa Teks pada Siswa Kelas III SD Negeri Patemon Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2008/2009)
- Published Version
Download (649kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis menuntut adanya latihan dan membutuhkan ketelitian serta bimbingan yang efektif dari guru. Pendekatan komunikatif dan media buku bergambar tanpa teks dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai peningkatan keterampilan menulis karangan dan perubahan perilaku pada siswa kelas III SD Negeri 1 Patemon Gunungpati setelah dilakukan pembelajaran menulis karangan dengan pendekatan komunikatif dan media buku bergambar tanpa teks. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis karangan dan perubahan perilaku pada siswa kelas III SD Negeri Patemon Gunungpati setelah dilakukan pembelajaran menulis karangan dengan pendekatan komunikatif dan media buku bergambar tanpa teks. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan siswa kelas III SD Negeri 1 Patemon Gunungpati. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes perbuatan berupa penugasan menulis karangan, sedangkan teknik nontes yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil tes siklus I, siklus II, dan teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil nontes pada siklus I, siklus II. Hasil penelitian siklus I adalah 73,79. Selanjutnya pada siklus II, meningkat menjadi 88,12. Dengan demikian, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,33%. Peningkatan keterampilan menulis karangan siswa ini juga diikuti dengan perubahan perilaku negatif menjadi perilaku positif. Pada siklus II, siswa yang sebelumnya kurang berantusias terhadap pembelajaran menulis karangan menjadi antusias, senang, dan tertarik setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan dengan pendekatan komunikatif dan media buku bergambar tanpa teks. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran menulis karangan dengan pendekatan komunikatif dan media buku bergambar tanpa teks dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis karangan siswa kelas III SD Negeri 1 Patemon Gunungpati Semarang. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyampaikan kepada guru kelas III SD dapat menggunakan pendekatan komunikatif dan media pembelajaran buku bergambar tanpa teks pada pembelajaran menulis karangan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis karangan, pendekatan komunikatif, media buku bergambar tanpa teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Aug 2011 07:23 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3108 |
Actions (login required)
View Item |