PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMPN 3 KEBUMEN


Suerlin Diah Utami , 1102413048 (2017) PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMPN 3 KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413048.pdf]
Preview
PDF
Download (679kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas sehingga mengakibatkan siswa bosan dan hasil belajar siswa rendah. Kondisi seperti ini terlihat pembelajaran berpusat pada guru dan siswa pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan konvensional pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 3 Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasy exprimental dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 3 Kebumen 2016/2017. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Adapun kelas terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII A (kelas kontrol) sebanyak 30 siswa dan kelas VIII B (kelas eksperimen) sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran konvensional. Ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar sebesar 33,86 dan perhitungan uji independent sample t-test yang menggunakan SPSS versi 21 menunjukan nilai t pada equal variance assumed adalah 4,729 dengan signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Perlakuan dengan menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari kedua hasil diatas yang dapat disimpulkan, bahwa penerapan model Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk menindaklanjuti penelitian ini yaitu pada saat pelaksanaan proses pembelajaran, guru seharusnya menyesuaikan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus serta penunjang pembelajaran yang lain serta memilih model pembelajaran yang tepat untuk siswa agar proses pembelajaran di kelas tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 14:25
Last Modified: 23 May 2018 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31077

Actions (login required)

View Item View Item