STUDI EVALUATIF SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI MODUL MATA KULIAH FUNGSI TEKNIS RESERSE KRIMINAL UNTUK TARUNA PROGRAM SARJANA STRATA SATU (S-1) TERAPAN KEPOLISIAN DI AKADEMI KEPOLISIAN


Ratih Hidayah , 1102413047 (2017) STUDI EVALUATIF SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI MODUL MATA KULIAH FUNGSI TEKNIS RESERSE KRIMINAL UNTUK TARUNA PROGRAM SARJANA STRATA SATU (S-1) TERAPAN KEPOLISIAN DI AKADEMI KEPOLISIAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413047.pdf]
Preview
PDF
Download (850kB) | Preview

Abstract

Beberapa hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah belum sesuainya modul mata kuliah Fungsi Teknis Reserse Kriminal (FT. Reskrim) di Akademi Kepolisian dengan ketentuan pembuatan modul yaitu 11 kriteria penulisan modul. Adapun dalam modul di Akpol tersebut peneliti mengambil tiga aspek yang masih memerlukan koreksi di dalamnya. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk optimalisasi modul mata kuliah FT. Reskrim ditinjau dari sisi karakteristik modul, elemen mutu modul dan keterbacaan modul. Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah optimalisasi modul mata kuliah FT. Reskrim di Akademi Kepolisian. Adapun sub-variabel pada penelitian ini adalah: Karkteristik Modul terinci menjadi Self instruction, dan bersahabat/akrab (User Friendly), Elemen mutu modul terinci menjadi organisasi dan daya tarik, serta Keterbacaan Modul. Pendekatan penelitian ini adalah dengan metode evaluatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknis tes dan non tes (angket, wawancara, dan observasi). Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kualitas modul mata kuliah Fungsi Teknis Reserse Kriminal (FT. Reskrim) di Akpol berdasarkan karakteristik, elemen mutu, dan keterbacaan modul menurut hasil angket, taruna menyatakan berada pada kategori baik, dengan pencapaian persentase 73,68%. Dari 5,26% taruna menyatakan kualitas modul FT. Reskrim berada pada kategori sangat baik; 76,68% pada kategori baik; 21,05% taruna menyatakan cukup baik; serta tidak ada taruna yang menyatakan tidak baik. Sehingga dapat di katakan berdasarkan hasil penelitian angket, modul FT. Reskrim memiliki kualitas yang sudah baik, walaupun menurut hasil wawancara dan ahli modul menyatakan bahwa modul FT. Reskrim di Akpol masih dalam kategori kurang baik, sehingga memerlukan pembenahan untuk kedepannya. Adapun saran bagi dosen mata kuliah FT. Reskrim dan penyusun modul hendaknya pengampu selalu dapat mengoreksi dan mengganti kekurangan-kekurangan yang ada di dalam modul, kemudian bagi Taruna Akpol sebaiknya lebih teliti dan cermat dalam menggunakan modul tersebut, sehingga ketika ada kekurangan dapat diusulkan kepada dosen dan penyusun modul untuk segera dibenahi kekurangannnya. Bagi peneliti selanjutnya bahwa keterbatasan pada penelitian ini hendaknya diperhatikan, dan dapat melengkapi data sesuai dengan optimalisasi yang seharusnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi Evaluatif, Optimalisasi, Modul FT. Reskrim, Karakteristik, Elemen Modul, Keterbacaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 14:22
Last Modified: 23 May 2018 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31076

Actions (login required)

View Item View Item