IMPLEMENTASI GRAND DESIGN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH ALAM SEBAGAI PENGUATAN GENERASI EMAS 2045 (STUDI DESKRIPTIF DI SEKOLAH ALAM UNGARAN)


Citrapujiyati , 1102413032 (2017) IMPLEMENTASI GRAND DESIGN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH ALAM SEBAGAI PENGUATAN GENERASI EMAS 2045 (STUDI DESKRIPTIF DI SEKOLAH ALAM UNGARAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413032.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter di Sekolah Alam Ungaran (SAUNG) merupakan salah satu bentuk pengembangan pendidikan karakter yang mengacu pada Grand Design Pendidikan dari Kemendiknas yang didasarkan pada pandangan bahwa implementasi pendidikan karakter di sekolah alam lebih berdampak terhadap karakter peserta didik, kesadaran peserta didik terhadap praktik perilaku dan penerapan nilai-nilai kebaikan juga masih rendah. Dengan adanya kurikulum khas pendidikan karakter sekolah alam diharapkan sekolah mampu mengoptimalkan perannya yang sangat bermanfaat bukan hanya bagi peserta didik tetapi juga sebagai bentuk upaya penguatan membangun karakter Generasi Emas 2045. Dari permasalahan yang ditemui, penulis meneliti tentang implementasi grand design pendidikan karakter dan pembelajarannya dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hingga faktor pendorong serta faktor penghambat. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) grand design pendidikan karakter proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi; 2) kegiatan pembelajaran melalui proses intervensi habituasi; 3) faktor pendorong dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di Sekolah Alam Ungaran (SAUNG). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling sehingga terdapat informan utama dan informan pendukung. Informan utama yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, dan waka kesiswaan. Sedangkan informan pendukung yaitu guru kelas, wali murid, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) grand design pendidikan karakter sekolah alam memadukan tiga kurikulum yaitu kurikulum khas sekolah alam, KTSP, dan Kurikulum 2013 dengan metode spider web tematik dan strategi pembelajaran multiple intelligences yang menekankan keseimbangan IESQ; 2) implementasi pendidikan karakter berdasarkan pada Al- Quran dan hadis yang terintegrasi di dalam kegiatan pembelajaran, pengembangan diri, kegiatan ekstrakurikuler, dan budaya sekolah; 3) faktor pendorong dan faktor penghambat terletak pada keteladanan dari peran guru, peran wali murid, dan peserta didik. Saran dari penelitian ini adalah proses perencanaan dan implementasi pendidikan karakter yang sudah baik harus dipertahankan, dan alangkah lebih baik lagi apabila memberikan pelatihan bagi guru dan wali murid mengenai pentingnya pendidikan karakter di sekolah dan di rumah agar menyelaraskan masing-masing peran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Generasi Emas 2045, Grand Design Pendidikan, Kurikulum Khas, Pendidikan Karakter, Sekolah Alam
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 14:16
Last Modified: 23 May 2018 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31075

Actions (login required)

View Item View Item