EVALUASI PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP IMPLEMENTASI K-13 DI SD NEGERI SIDOMULYO 03 UNGARAN TIMUR


Revina Riandini , 1102413016 (2017) EVALUASI PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP IMPLEMENTASI K-13 DI SD NEGERI SIDOMULYO 03 UNGARAN TIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413016.pdf]
Preview
PDF
Download (909kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang sedang di terapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia. pendampingan kurikulum 2013 sudah dilaksanakan mulai dari kepala sekolah, guru, dan bahkan orang tua. Keterlibatan orang tua dalam implementasi Kurikulum 2013 sesuai dengan dasar pemikiran bahwa keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 SD dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk orang tua. Dalam paduan Praktis dan dalam buku tema peserta didik ada kegiatan bersama orang tua yang tentunya membutuhkan pemahaman dari orang tua mengenai kurikulum 2013. Untuk itulah pendampingan orang tua terhadap implementasi Kurikulum 2013 sangat di perlukan. SD Negeri Sidomulyo 03 Ungaran Timur adalah salah satu SD yang sudah melaksanakan pendampingan bagi orang tua. Setelah pendampingan itu di laksanakan, ternyata masih banyak orang tua yang belum paham tentang apa itu kurikulum 2013, maka dari itu Evaluasi Pendampingan orang tua terhadap implementasi Kurikulum 2013 sangat di perlukan. Evaluasi dalam penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Kontek, input, proses, dan hasil). Dan menggunakan metode penelitian Kulitatif dan didukung dengan data berbentuk angka (Kuantitatif). Responden dalam penelitian ini adalah Orang Tua, Siswa, wali kelas 1,2,3, dan Kepala Sekolah. Teknik Pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, dan angket Analisa data dilaksanakan dengan cara menganalisis hasil wawancara, dan menganalisis hasil angket dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendampingan terhadap orang tua adalah intruksi langsung dari dinas pendidikan melalui kepala sekolah, Materi yang di berikan oleh wali kelas kepada orang tua sama seperti yang tertera di dalam paduan, pendampingan bagi orang tua dilaksanakan sebanyak 5 kali untuk kelas 1, dan 4 kali bagi kelas 2,3. Namun dalam praktiknya 56,33 % dari 60 responden orang tua cukup mengetahui apa itu kurikulum 2013. Dari hasil analisis wawancara proses pendampingan yang dilakukan lebih banyak menggunakan media sosia Whatapps, jadi pendampingan yang dilaksanakan kurang efektif, dan kurang berdampak kepada orang tua maupun murid. Dari hasil penelitian maka Evaluasi dan pembenahan program pendampingan orang tua terhadap Kurikulum 2013 haruslah di lakukan untuk lebih menyukseskan implementasi Kurikulum 2013 dan Tujuan Kurikulum 2013. ------------------------------------------- Curriculum 2013 is a curriculum that is being applied in the education system in Indonesia. 2013 curriculum assistance has been implemented starting from principals, teachers, and even parents. Parental involvement in the implementation of the Curriculum 2013 is based on the premise that the successful implementation of the 2013 SD Curriculum in elementary school learning activities requires support from all parties, including parents. In Practical alloys and in the theme book of learners there are activities with parents who certainly need understanding of parents about the curriculum 2013. For that parents assistance to the implementation of Curriculum 2013 is in need. SD Negeri Sidomulyo 03 Ungaran Timur is one of the elementary schools that has implemented assistance for parents. After the mentoring was done, there are still many parents who do not understand about what the curriculum 2013, therefore Evaluation Assistance of parents to the implementation of the Curriculum 2013 is in need. The evaluation in this research uses CIPP evaluation model (Kontek, input, process, and result). And using the method of Leather research and supported by data in the form of numbers (Quantitative). Respondents in this study were Parents, Students, homeroom 1,2,3, and Principal. Techniques Data collection of this study is to use interviews, and questionnaires Data analysis is done by analyzing the results of interviews, and analyze the results of the questionnaire by using Likert scale. The result of the research shows that the parent's guidance is direct instruction from the education office through the principal, the material given by the parent guardian to the parents is the same as stated in the mix, the assistance for the parents is carried out 5 times for class 1, and 4 Times for class 2.3. In practice, however, 56.33% of the 60 respondents of parents know enough about what the curriculum of 2013. From the analysis of interviews, the process of accompaniment is done more using social media Whatapps, so the mentoring is less effective, and less impact to the parents and students. From the result of the research, Evaluation and improvement of parent facilitation program to Curriculum 2013 must be done to more successful implementation of Curriculum 2013 and Objectives Curriculum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pendampingan K-13, Orang Tua Evaluation, Assistance K-13, Parent
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 14:13
Last Modified: 23 May 2018 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31074

Actions (login required)

View Item View Item