IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN


Muhammad Firdaus Immas , 1102413012 (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413012.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Program sekolah berwawasan lingkungan (Adiwiyata) adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan telah menerapkan program Adiwiyata pada tahun 2016 memperoleh penghargaan dari Provinsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Program Adiwiyata di sekolah yang mencakup 4 komponen program Adiwiyata, antara lain : (1) Kebijakan Berwawasan Lingkungan, (2) Kurikulum Berbasis Lingkungan, (3) Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif, (4) Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan, dan faktor penghambat pada program Adiwiyata, serta faktor pendukung pada program Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan berwawasan lingkungan sudah terlaksana dengan merubah visi misi yang mendukung pengelolaan lingkungan dan adanya alokasi dana dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan sekolah, kurikulum berwawasan lingkungan dilaksanakan dengan mengintegrasikan materi wawasan lingkungan ke dalam mata pelajaran, kegiatan lingkungan bersifat partisipasif dilaksanakan melalui berbagai aksi lingkungan baik yang diselenggarakan dari sekolah maupun instansi dan mengelola sarana ramah lingkungan dengan memanfaatkan Green House dan Rumah Kompos. (2) Faktor penghambat pada program Adiwiyata yang dimiliki sekolah, antara lain alokasi dana yang dibatasi pada anggaran sekolah, mentalitas warga sekolah yang belum terbentuk untuk bisa bersifat sadar lingkungan dan tanggung jawab, pengetahuan dari warga sekolah kurang meluas mengenai program Adiwiyata. (3) Faktor pendukung pada program Adiwiyata, antara lain dukungan dari guru yang mampu menerapkan kurikulum berbasis lingkungan, adanya lingkungan sekolah sebagai sarana dan prasarana membantu sebagai media pembelajaran, ekstrakurikuler sudah mengikuti beberapa aksi lingkungan, faktor penghargaan yang diberikan dari KLH yang memberi semangat pada warga sekolah. Saran, pihak sekolah hendaknya konsisten dalam melaksanakan program Adiwiyata, guru mampu perduli dan melindungi lingkungan sebagai contoh pada siswa, konsistensi kerjasama antar sekolah sangat penting untuk mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Lingkungan, Adiwiyata.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 14:09
Last Modified: 23 May 2018 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31073

Actions (login required)

View Item View Item