PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI PENYIMPANGAN SOSIAL DI SMP NEGERI 15 SEMARANG


Niken Henu Jatiningtias , 1102412116 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI PENYIMPANGAN SOSIAL DI SMP NEGERI 15 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412116.pdf]
Preview
PDF
Download (749kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan, pembelajaran IPS belum efektif dapat dilihat dari nilai siswa kelas VIII rata-rata masih berada dibawah KKM, dari setiap kelas banyak siswa yang belum tuntas di mata pelajaran IPS. Dalam pembelajaran IPS, guru juga belum menggunakan media dengan baik. Media video merupakan pilihan yang tepat untuk pembelajaran IPS dan dapat menggantikan media konvensional. Media video yang mudah dan praktis digunakan salah satunya adalah media pembelajaran powtoon. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimana mengembangkan media powtoon untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran powtoon dan seberapa efektif pengembangan media pembelajaran powtoon. Metode yang dipakai metode Research and Development (penelitian dan pengembangan), tapi lebih difokuskan pada proses pengembangan menggunakan metode ADDIE. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan, merancang, membuat media pembelajaran powtoon, setalah itu di terapkan kemudian dilakukan tes hasil belajar siswa. Hasil media powtoon berupa media pembelajaran berbentuk video berdurasi 5 menit dengan animasi, suara, gambar dan musik didalamnya. Background disesuaikan dengan karakteristik siswa, gambar disesuaikan dengan materi dan dibuat menarik utuk menarik perhatian siswa. Hasil rata-rata hasil belajar kelompok kontrol 6,28 sedangkan pada kelompok eksperimen 7,83, uji t diperoleh 8,510 dengan t tabel 1,67 ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran powtoon terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan pengembangan media pembelajaran dengan program Powtoon dalam hasil belajar. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan bisa membuat media pembelajaran yang inovatif dan sederhana yang bisa membuat tertarik dan mempermudah siswa pada mata pelajaran yang dianggap sulit

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Powtoon, Mata Pelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 13:40
Last Modified: 23 May 2018 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31070

Actions (login required)

View Item View Item