KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH DI SD NEGERI PETOMPON 01 KOTA SEMARANG


Sholakhuddin , 1102412115 (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH DI SD NEGERI PETOMPON 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412115.pdf]
Preview
PDF
Download (651kB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran dirumuskan dengan mengacu pada rumusan yang terdapat dalam indikator, dalam bentuk pernyataan yang operasional. Guru harus memiliki kompetensi profesional guna merumuskan tujuan pembelajaran, melakukan pemilihan materi, metode, media, menciptakan tercapainya tujuan belajar, serta membantu dalam hal evaluasi. Seorang guru harus memliki kompetensi profesional guna mengelola kelas dengan baik layaknya guru profesional. Sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kesiapan guru sangat penting dikarenakan pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 bertujuan mendorong peserta didik guna lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, serta komunikasi atau (mempresentasikan) yang mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan analisis kompetensi profesional guru dan pelaksanaan pembelajaran tematik kelas rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dengan menggunakan lembar pengamatan. Pengumpulan data primer yang dilakukan peneliti menggunakan lembar pengamatan dari APKG (alat penilaian kinerja guru). Sedangkan pengumpulan data sekunder yang dilakukan peneliti menggunakan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pelaksanaan pembelajaran tematik kelas rendah di SD Negeri Petompon 01 sesuai dengan karakteristik-karakteristik pembelajaran tematik, (2) kompetensi profesional guru dan pelaksanaan pembelajaran tematik kelas rendah di SD Negeri Petompon 01 Kota Semarang mendapatkan kategori baik berdasarkan lembar pengamatan. Simpulan dari penelitian ini (1) berkaitan dengan Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan khususnya konsentrasi kurikulum peneliti dapat melaksanakan penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran tematik kelas rendah di SD Negeri Petompon 01 sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik, (2) berkaitan dengan penelitian tentang kompetensi profesional guru SD dan pelaksanaan pembelajaran tematik kelas rendah di SD Negeri Petompon 01 Kota Semarang memiliki kualitas yang baik. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk menyusun desain model pembelajaran tematik agar lebih baik serta ideal dalam pelaksanaannya. Saran dari penelitian ini, Sebaiknya guru sekolah dasar meningkatkan kompetensi profesional dan pembelajaran tematik yang lebih baik lagi guna menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Pemerintah yang bergerak dalam bidang pendidikan supaya mempertimbangkan kebijakan-kebijakan pendidikan. ----------------------------------------------------- Learning objectives are formulated with reference to the formulation contained in the indicators, in the form of the operational statements. Teachers must have the professional competence to formulate learning objectives, selection of the materials, methods, media, created to achieve the learning objectives, as well as help in terms of evaluation. A teacher must possess a professional competence to manage the class well befits a professional teacher. In accordance with the Ministerial Regulation number 16 in 2007 About the standards of academic qualification and competence of teachers. The readiness of the teachers is very important because the thematic learning in the curriculum of 2013 aims to encourage students to do better in the observation, questioning, bernalar, as well as communication or (present) they know after receiving material learning. The purpose of this research was to know and teacher professional competency analysis and implementation of thematic learning low grade. This research is a descriptive approach with quantitative research. Method of collecting data using the method of observation, by using a sheet of observations. Primary data collection conducted researchers using sheets of observations from the APKG (teacher performance assessment tool). While secondary data collection conducted researchers use RPP (plan of implementation of the study). The results of this research indicate: (1) the implementation of thematic learning low grade in SD Negeri Petompon 01 in accordance with characteristics of the thematic learning characteristics, (2) the professional competence of teachers and implementation of thematic learning low grade in SD Negeri Petompon 01 city of Semarang get good categories based on observation sheets. Summary of the study (1) with regard to the Department of curriculum and educational technology curriculum concentration in particular researchers can carry out research on the implementation of the thematic learning low grade in SD Negeri Petompon 01 in accordance with thematic learning characteristics, (2) with regard to research on the professional competence of primary school teachers and the implementation of thematic learning low grade in SD Negeri Petompon 01 city of Semarang have good quality. This research can be used as reference material to draw up thematic learning models in order to design better and ideal in practice. The advice of this research, preferably elementary school teacher professional competency and enhance learning better thematic to produce learners. The Government is engaged in the field of education in order to consider the policies of education.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional dan Pembelajaran Tematik. Professional competence and Thematic Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 13:37
Last Modified: 23 May 2018 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31069

Actions (login required)

View Item View Item