PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDN PLUMBON KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA


Ninik Sulistyorini , 1102412113 (2017) PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDN PLUMBON KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412113.pdf]
Preview
PDF
Download (674kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari latar belakang Supervisi Kepala Sekolah yang terkait dengan pelaksanaan supervisi di sekolah sudah dilaksanakan tetapi belum maksimal. Kepala sekolah belum sepenuhnya melakukan perannya seperti mendorong, memotivasi, dan melatih kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Plumbon Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Kepala Sekolah bertugas untuk membina kerja sama yang harmonis dengan seluruh guru sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, selanjutnya data dianalisis data kontekstual meliputi tiga prosedur yaitu: (1) reduksi; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) untuk mengetahui permasalahan kebutuhan siswa, kepala sekolah senantiasa memberi arahan kepada guru kelas. Karena guru kelas merupakan orang yang lebih mengetahui perkembangan siswa melalui pertemuan dalam kegiatan belajar mengajar; 2) kegiatan supervisi Kepala Sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, khususnya dalam pemilihan strategi dan metode serta penerapan media pembelajaran, yaitu observasi kelas, yang dilakukan setiap bulan; 3) kepala sekolah sebagai supervisor, menganjurkan guru untuk mempelajari lebih dalam tentang KKM dalam KTSP dalam evaluasi pembelajaran, di antaranya adalah cara melaksanakan suatu evaluasi, penafsiran hasil evaluasi, dan laporan hasil evaluasi. Simpulan penelitian adalah untuk mengetahui permasalahan kebutuhan siswa, kepala sekolah senantiasa memberi arahan kepada guru kelas. Karena guru kelas merupakan orang yang lebih mengetahui perkembangan siswa melalui pertemuan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru hendaknya secara bijak tahu kapan harus memperlakukan siswa sebagai anggota kelompok yang memang harus diperlakukan secara sama, dan kapan guru harus memperlakukan siswa sebagai individu yang berbeda antara satu dengan yang lain. Yang terpenting di sini adalah bahwa guru harus menjaga keseimbangan antara sikap otoritatif untuk mengarahkan perilaku anak, dengan sikap ngemong dan pemberian kesempatan berkembang sesuai dengan berbagai situasi dan kondisi masing-masing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas, pembelajaran, supervisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 13:33
Last Modified: 23 May 2018 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31068

Actions (login required)

View Item View Item