PENERAPAN SISTEM KREDIT SEMESTER DI SMA NEGERI 1 KUDUS
MUKHAMMAD ILMAN NAFIA , 1102412112 (2017) PENERAPAN SISTEM KREDIT SEMESTER DI SMA NEGERI 1 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (685kB) | Preview |
Abstract
Sistem Kredit Semester (SKS) merupakan inovasi pendidikan yang mana peserta didik dapat mengoptimalkan potensi. Hal ini dirasa sesuai karena SKS mengakomodasi karakteristik setiap peserta didik meliputi bakat, minat, dan kemampuannya serta menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi, kendala, dan solusi dalam penerapan SKS. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) SMA negeri 1 Kudus sudah menerapkan SKS sesuai yang dianjurkan oleh Kurikulum 2013 dan PSMA. Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari seluruh komponen yang ada saling mendukung. SMA N 1 Kudus memiliki dua struktur kurikulum dan memodifikasi RPP untuk kelas 4 semester dan 6 semester. Proses pembelajaran menekankan pada teroptimalnya potensi peserta didik dalam mempercepat proses belajar. Sedangkan proses pembelajaran mengacu tiga aspek, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. (2) kendala yang timbul dalam penerapan SKS di SMA N 1 Kudus disebabkan oleh belum terjadi sinkronisasi antara PSMA dan PT (Perguruan Tinggi). Untuk mengatasi kendala tersebut, sekolah telah melakukan koordinasi dengan PSMA dan melakukan pertemuan antar rektor serta membentuk tim PDSS dalam mengakomodasikan keperluan peserta didik. Saran penelitian ditujukan bagi: (1) Kepala Sekolah hendaknya memperhatikan selalu mengikuti perkembangan regulasi pendidikan sebelum menerapkan kebijakan yang baru. (2) Guru hendaknya selalu meningkatkan kompetensi dan mampu menguasai berbagai metode belajar untuk menunjang keberhasilan pembelajaran dengan harapan terwujudnya pembelajaran yang mengakomodasi setiap potensi peserta didik. (3) Waka kurikulum hendaknya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penerapan SKS sehingga kendala yang ditemui dapat diminimalkan agar dapat menekan kemungkinan kendala terjadinya kendala-kendala yang lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Sistem Kredit Semester, SMA Negeri 1 Kudus. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2018 13:23 |
Last Modified: | 23 May 2018 13:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31067 |
Actions (login required)
View Item |