IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLBC WIDYA BHAKTI SEMARANG
Retno Widiastuti , 1102412108 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLBC WIDYA BHAKTI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (853kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran seni tari merupakan bagian dari mapel seni budaya di SLBC Widya Bhakti Semarang. Membelajarkan seni tari pada anak tunagrahita berbeda dengan membelajarkan pada anak-anak normal dalam hal kesabaran, konsentrasi dan ketelatenan yang semuanya dipersiapkan dalam rencana yang baik.Penelitian ini mengangkat masalah yang dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana membuat perencanaan pembelajaran seni tari kreasi untuk siswa tunagrahita? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni tari kreasi untuk siswa tunagrahita? (3) Bagaimana mengevaluasi pembelajaran seni tari kreasi untuk siswa tunagrahita? Dan (4) Bagaimana hambatan-hambatan dan solusi dalam pembelajaran seni tari kreasi untuk siswa tunagrahita SLBC Widya Bhakti Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1)Perencanaan pembelajaran seni tari kreasi untuk siswa tunagrahita, (2) Pelaksanaan pembelajaran seni tari kreasi untuk siswa tunagrahita, (3) Evaluasi pembelajaran seni tari kreasi untuk siswa tunagrahita, dan (4) Hambatanhambatan dan solusi pembelajaran seni tari kreasi untuk siswa tunagrahita SLBC Widya Bhakti Semarang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Informan yang di wawancarai adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pengampu seni tari dan orang tua siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran yang dibuat guru sudah benar, (2) Pelaksanaan pembelajaran mencakup tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan penyajian inti dan kegiatan penutup dapat dilakukan dengan baik, namun saat memasuki pembelajaran inti siswa mengalami kesulitan dalam hal menirukan gerakan-gerakan tertentu yang dicontohkan guru. Mengenai evaluasi pembelajaran menitikberatkan pada aspek sikap yaitu disiplin, aktif, percaya diri dan tanggung jawab. Hambatan yang terjadi saat pembelajaran seni tari yaitu mengenai komunikasi, kurang konsentrasi, susah mengingat gerakan yang diajarkan. Solusi yang dilakukan yaitu memberi pendampingan dan pengarahan pada siswa. Kesimpulan: siswa banyak mengalami hambatan menirukan gerakan- gerakan sulit mengingat keterbatasan siswa. Saran : guru agar selalu telaten, dekat dengan siswa secara personal, dan memperkaya teknik-teknik pembelajaran seni tari melalui pelatihan-pelatihan dan sharing sesama guru-guru tari dari berbagai instansi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran Seni Tari, Siswa Tunagrahita. |
Subjects: | L Education > Special Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2018 13:15 |
Last Modified: | 23 May 2018 13:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31066 |
Actions (login required)
View Item |