PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK KELAS IX SMP NEGERI 3 SEMARANG


Siti Maulida Purnawanti , 1102412107 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK KELAS IX SMP NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412107.pdf]
Preview
PDF
Download (750kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu sumber belajar, meskipun guru bukan merupakan satu-satunya sumber belajar akan tetapi guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Siswa akan belajar lebih banyak, perhatian dan paham dengan materi pembelajaran jika materi yang disampaiakan dengan media pembelajaran. Hambatan dalam pembelajarapun akan dapat diantisipasi dengan adanya media pembelajaran. Media pembelajaran sendiri dapat digunakan sebagai media komunikasi yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran untuk memberikan kejelasan informasi. Salah satu media pembelajaran yang mudah dikembangan adalah media pembelajaran berbasis lectora inspire. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran TIK materi jaringan komputer kelas IX SMP Negeri 3 semarang, mengetahui besar kontribusi media pembelajaran berbasis lectora inspire dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas IX SMP Negeri 3 Semarang , serta mengetahui perubahan perilaku siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire. Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire dikembangkan melalui enam tahap pengembangan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain produk, (3) pengembangan desain produk (produksi), (4) validasi materi dan media, (5) revisi media, (6) ujicoba terbatas. Media pembelajaran berbasis lectora inspire yang telah disusun selanjutnya diukur keefektifannya, berdasarkan hasil test siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire. Dari test tersebut diperoleh hasil yaitu nilai rata-rata sebelum adalah 65.9 dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire adalah 82.7, nilai tersebut membuktikan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata. Selain itu, nilai tersebut di uji menggunakan uji t, dan mendapat nilai Thitung sebesar 12,48 dan Ttabel sbesar 2.040. 12,48>2.040 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberi media pembelajaran berbasis lectora inspire. Selain itu setelah penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire dalam proses pembelajaran siswa menjadi lebih berantusias serta aktif dalam proses pembelajaran. Guru sebaiknya belajar dan lebih memanfaatkan kemampuan dalam bidang teknologi khususnya media pembelajaran berbasis lectora inspire, karena seiring dengan kemajuan teknologi, maka dunia pendidikan juga akan membutuhkan teknologi sebagai salah satu komponen penting dalam penunjang proses pembelajaran seperti media pembelajaran berbasis lectora inspire.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media berbasis lectora inspire, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 13:10
Last Modified: 23 May 2018 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31065

Actions (login required)

View Item View Item