PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOC) DI UNIVERSITAS CIPUTRA ENTERPREUNERSHIP ONLINE (UCEO)


Irfan Rahman Nurdin , 1102412096 (2017) PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOC) DI UNIVERSITAS CIPUTRA ENTERPREUNERSHIP ONLINE (UCEO). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412096.pdf]
Preview
PDF
Download (758kB) | Preview

Abstract

Dalam Undang-Undang Sisdiknas Tahun 2003 Bab 4 Pasal 5 mengenai hak dan kewajiban warga negara dalam pendidikan salah satunya di paparkan hak setiap warga negara untuk memperoleh pendidikan yang bermutu, Sampai saat ini belum dapat terpecahkan khususnya warga negara yang bertempat tinggal di daerah 3T (tertinggal, terbelakang, terpencil). UCEO hadir dengan memberikan pendidikan jarak jauh berbasis kursus online yang menawarkan solusi pemerataan pendidikan dengan tema kursus dunia kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran course online dalam sistem pembelajaran jarak jauh di UCEO. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data utama diperoleh dari informan utama yaitu Departemen Operasional UCEO, Departemen Edukasi UCEO dan observasi website kursus online UCEO. Data pendukung dari peserta didik, dokumen, dan foto. Hasil penelitian ini antara lain: (1). Perencanaan pembelajaran dimulai peserta didik melakukan pendaftaran di www.ciputrauceo.com dengan mengisi form identitas berupa alamat email dan nama depan, setelah memiliki akun UCEO peserta didik dapat memilih kursus dan melalukan kegiatan pembelajaran secara online. Departement education dan Narasumber melakukan penyusunan Silabus, RPP, dan perencanaan evaluasi pembelajaran untuk setiap tema kursus, sedangkan proses pembuatan media pembelajaran berupa video pembelajaran oleh bagian video produksi. (2). Pelaksanaan pembelajaran yang peserta didik dilaksanakan secara online melalui website UCEO, satu tema kursus berlangsung 5-6 kali pertemuan, setiap pertemuan untuk kursus yang baru berlangsung rutin setiap minggunya, setiap pertemuan terdiri dari 4-5 video pembelajaran dan untuk kursus yang telah selesai bisa peserta didik ikuti secara sekaligus maupun bertahap. Materi pembelajaran berupa PDF dan artikel yang dapat peserta didik unduh. (3). Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan berupa penugasan yang diberikan setiap akhir pertemuan dan terdapat evaluasi formatif berupa kuis pilihan ganda yang diberikan pada akhir pembelajaran, evaluasi formatif berupa kuis pilihan ganda menjadi alat penilaian hasil belajar peserta didik. Peserta didik yang telah menyelesaikan kuis untuk satu tema kursus berhak mendapatkan sertifikat digital yang dapat peserta didik unduh di halaman course info.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jarak Jauh, MOOC, Universitas Ciputra Enterpreunership Online (UCEO)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 17:29
Last Modified: 22 May 2018 17:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31063

Actions (login required)

View Item View Item