PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 39 SEMARANG


Kartin Yuliyanti , 1102412091 (2017) PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 39 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412091.pdf]
Preview
PDF
Download (813kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter menjadi satu hal yang mutlak untuk diselenggarakan dijenjang pendidikan dan harus dikelola secara menyeluruh pada kegiatan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang pengelolaan program pendidikan karakter peserta didik kelas VII di SMPN 39 Semarang pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari informan wakil kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru mata pelajaran, dan peserta didik serta dokumentasi sekolah sebagai data pendukung. Uji keabsahan data dengan keikutsertaan di lapangan dalam rentang waktu yang panjang dan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter di SMPN 39 Semarang meliputi perumusan nilai-nilai karakter yang termuat dalam visi, misi, dan tujuan sekolah, struktur dan muatan kurikulum sekolah, perangkat pembelajaran, penyusunan RKS, melibatkan seluruh stakeholder, serta penetapan prosedur program. Namun, struktur dan muatan kurikulum perlu dilengkapi. Kemudian, pelaksanaan pendidikan karakter di SMPN 39 Semarang meliputi prosedur program, kegiatan karakter dalam pembelajaran, pengelolaan sekolah, dan pengembangan diri, serta kerjasama dengan orang tua dan lingkungan sekitar, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung kegiatan. Pendidikan karakter dilaksanakan dengan pendekatan pembiasaan dan keteladanan guru. Akan tetapi kerjasama dengan orang tua peserta didik perlu ditingkatkan. Dan evaluasi pendidikan karakter di SMPN 39 Semarang meliputi menentukan indikator dan instrumen penilaian, monitoring dan evaluasi, serta analisis dan tindak lanjut dari hasil evaluasi. Namun, pada penyusunan indikator dan instrumen evaluasi perlu diperbaiki dan dimaksimalkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, pengelolaan, peserta didik
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 16:49
Last Modified: 22 May 2018 16:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31061

Actions (login required)

View Item View Item