KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS 3 SD NEGERI GEBANG 1, BONANG, KAB. DEMAK

ZAKARIA RIZKY PURNAMA , 1102412080 (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS 3 SD NEGERI GEBANG 1, BONANG, KAB. DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (609Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan ketika guru mengajar di kelas dapat dilihat bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi kepada siswa. Hal ini juga dikarekan belum adanya media pembelajaran yang membantu guru dalam menjelaskan materi. Siswa seringkali bosan apabila guru mengajarakna materi dengan metode yang sama, untuk itulah diperlukan suatu media pembelajaran baru yang dapat membantu guru menjelaskan materi dan juga menarik minat siswa untuk memperhatikan. Untuk itulah digunakan media CD pembelajaran untuk membantu guru dalam menjelaskan materi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media CD pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dalam penelitian ini dipakai 4 metode untuk mengumpulkan data penelitian. Keempat metode tersebut adalah metode wawancara yang dipakai untuk mengetahui proses pembelajaran dan aktivitas siswa, metode observasi untuk mengetahui proses pembelaran dan aktivitas siswa, metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan terakhir metode dokumentasi untuk memperkuat informasi yang didapat selama penelitian. Penelitian ini dimulai dari tahap pra penelitian dimana peneliti melakukan observasi awal dan merancang penelitian, lalu dilanjutkan ke tahap penelitian dimana peneliti melaksanakan penelitian dan mengambil data, lalu tahap yang terakhir yaitu pasca penelitian dimana peneliti mengolah dan menyimpulkan data hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa media CD pembelajaran yang digunakan masuk dalam katergori efektif. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran berjalan dengan baik dan guru juga tidak mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi kepada siswa. Berdasarkan data presentase yang diperoleh seperti suasana belajar siswa sebesar 92%, rasa tanggung jawab siswa sebesar 88%, rasa percaya diri siswa sebesar 80% dan fokus siswa terhadap pembelajaran sebesar 93%. Hasil belajar siswa melalui tes mencapai angka 95,37% dimana dapat disimpulkan bahwa media CD pembelajaran efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Media CD Pembelajaran, Hasil Belajar, Jenjang Pendidikan Sekolah dasar
    Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
    L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2018 12:10
    Last Modified: 22 May 2018 12:10

    Actions (login required)

    View Item