KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN EXPLAINER VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Ade Eva Fitri Padma Puspita , 1102412075 (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN EXPLAINER VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412075.pdf]
Preview
PDF
Download (960kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SMP 10 Semarang selama ini masih berpusat pada guru yang menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi bosan sehingga berimbas pada hasil belajar siswa. Selain itu, siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru tanpa memberi umpan balik. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran lain yaitu dengan media video. Media explainer video berisi animasi, teks, grafis, dan musik untuk mendeksripsikan sebuah benda, produk, atau fenomena secara sederhana merupakan produk yang tepat untuk mengatasi kebosanan siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana implementasi explainer video dalam pembelajaran IPS, 2) bagaimana efektivitas penggunaan media explainer video terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 3) bagaimana efektivitas penggunaan media explainer video terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sample dan diperoleh kelas VII B sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dengan melakukan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai t hitung lebih kecil daripada t tabel (-17,279 < -2,035) dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media explainer video. Nilai rata-rata pretest sebesar 55.39 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 80.69. Keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung termasuk dalam kategori baik, yaitu mencapai 74.8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran explainer video efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa siswa. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat mempertimbangkan pemanfaatan media explainer video dalam pembelajaran IPS pada materi yang sesuai. Siswa diharapkan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas agar agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara optimal. Untuk penelitian pemanfaatan media explainer video selanjutnya diharapkan media dan peralatan lain yang digunakan dalam proses pembelajaran dipersiapkan secara matang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: explainer video, efektif, hasil belajar IPS, media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 15:58
Last Modified: 22 May 2018 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31058

Actions (login required)

View Item View Item