PENGEMBANGAN DIGITAL GAME BASED LEARNING “DUEL CHEMICAL ELEMENTS” SEBAGAI PEMENUH KEBUTUHAN STOK MEDIA PORTAL JATENG PINTAR


Fajar Satrio , 1102412060 (2017) PENGEMBANGAN DIGITAL GAME BASED LEARNING “DUEL CHEMICAL ELEMENTS” SEBAGAI PEMENUH KEBUTUHAN STOK MEDIA PORTAL JATENG PINTAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412060.pdf]
Preview
PDF
Download (742kB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode konvensional hanya akan membuat siswa menjadi cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa cenderung dipaksakan untuk mengikuti proses pembelajaran. Media merupakan salah satu alternatif alat bantu pembelajaran yang tepat. Keberadaan media yang sangat beragam membuat siswa lebih memilih media yang baru dan tidak biasa, maka para developer merancang media pembelajaran berbasis digital game based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan hasil produk digital game based learning sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan model ADDIE. Tahapan yang dilalui dalam metode tersebut yaitu tahap analisisi, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Pengembangan dibuat menggunakan software adobe flash cs6 dengan actionscript 3.0 sebagai bahasa script program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif digital game based learning “Duel Chemical Elements” termasuk dalam kategori layak digunakan setelah dilakukan tahapan penentuan tema permainan melalui analisis kurikulum, analisis kebutuhan media, garis besar isi media (GBIM), jabaran materi (JM), naskah serta pengembangan produk (development). Analisis secara keseluruhan menunjukkan pada kategori multimedia, interface and design structure serta konten dan feedback masuk dalam kriteria baik untuk diterapkan. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Digital Game Based Learning dapat dilakukan dengan variasi model materi yang tidak sebatas pada materi memahami klasifikasi zat dengan kompetensi dasar menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana kelas VIII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Digital Game Based Learning, Media, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 14:35
Last Modified: 22 May 2018 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31056

Actions (login required)

View Item View Item