PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING BERKARAKTER BANGSA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP N 41 SEMARANG


Hafiidh Adhi Atma , 1102412059 (2017) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING BERKARAKTER BANGSA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP N 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412059.pdf]
Preview
PDF
Download (695kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan ketika guru mengajar di kelas dapat dilihat bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi kepada siswa. Hal ini juga dikarenakan belum maksimalnya media pembelajaran yang membantu guru dalam menjelaskan materi. Siswa seringkali bosan apabila guru mengajarkan materi dengan metode yang sama, untuk itulah diperlukan suatu media pembelajaran baru yang dapat membantu guru menjelaskan materi dan juga menarik minat siswa Untuk itulah digunakan aplikasi mobile learning untuk membantu guru dalam menjelaskan materi kepada siswa, selain penggunaan teknologi yang moderen sebuah aplikasi juga harus memiliki unsur / karakter bangsa sebagai alat penyaring serta untuk mengimbangi kemajuan teknologi dan modernisasi. Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan dan kelayakan aplikasi mobile learning berkarakter bangsa sebagai media pembelajaran IPA. Dalam penelitian ini dipakai 3 metode untuk mengumpulkan data penelitian. Ketiga metode tersebut adalah metode angket yang dipakai untuk mengetahui kelayakan media , terakhir metode dokumentasi untuk memperkuat informasi yang didapat selama penelitian. Penelitian ini dimulai dari tahap pra penelitian dimana peneliti melakukan observasi awal dan merancang penelitian dan pengembangan media , kemudian dilanjutkan ke tahap penelitian dimana peneliti melaksanakan penelitian dan mengambil data, lalu tahap yang ketiga yaitu pasca penelitian di SMP N 41 Semarang peneliti mengolah dan menyimpulkan data hasil dari penelitian. Hasil dari uji coba aplikasi mobile learning berkarakter bangsa di SMP N 41 Semarang menunjukan bahwa aplikasi mobile learning berkarakter bangsa yang di uji kelayakanya masuk dalam katergori baik. Hal ini Berdasarkan analisis checklist dan angket kategori multimedia dari mobile learning ini berada pada kriteria “baik”, ditunjukan dengan hasil presentase dari analisis checklist dan angket dari guru/calon guru dan siswa sebesar 88,4% serta, didukung pula dari hasil validasi dari ahli media dan ahli materi yang masingmasing menunjukkan angka 3,48 dan 3,58 atau dalam kategori valid

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Aplikasi Mobile Learning, Karakter Bangsa, Jenjang Pendidikan Sekolah Menegah Pertama
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 14:32
Last Modified: 22 May 2018 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31055

Actions (login required)

View Item View Item