PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INDAHNYA SALAT BERJAMAAH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 41 SEMARANG


ARYAN FONTANO, 1102412058 (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INDAHNYA SALAT BERJAMAAH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412058.pdf]
Preview
PDF
Download (706kB) | Preview

Abstract

Memanfaatkan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi penting untuk mewujudkan cita-cita pendidikan. Bukan hanya sekedar teks dan gambar sederhana saja namun berupa gambar animasi, klip audio dan video. Berdasarkan permasalahan yang muncul, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut : 1) Apa masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 41 semarang? 2) Desain apa yang cocok untuk pembelajaran PAI? 3) Bagaimanakah proses pengembangan video PAI? 4) Bagaimanakah proses implementasi video pembelajaran PAI? 5) Bagaimana hasil evaluasi video pembelajaran PAI? Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran PAI. Merancang video pembelajaran tema indahnya salat berjamaah sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran PAI, Mengembangkan video pembelajaran indahnya salat berjamaah pada pembelajaran PAI. Mengimplementasikan video pembelajaran indahnya salat berjamaah dan Mengevaluasi tingkat keefektifan video pembelajaran indahnya salat berjamaah terhadap pada hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian jenis RnD dengan jumlah sampel 55 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket, tes dan dokumentasi. Uji prasyarat dalam penelitian ini meliputi uji normalitas data, uji validitas berupa validitas isi dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan bantuan SPSS versi 22. Pada uji keefektifan video pembelajaran data normalitas pretest diperoleh sebesar 0,72 untuk kelas kontrol dan 0,116 untuk kelas eksperimen. Data dinyatakan normal karena lebih besar dari 0,05. Untuk uji Homogenitas data pretest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,932. Untuk hasil normalitas data post test sebesar 0,2 untuk kelas kontrol dan 0,061 untuk kelas eksperimen. Data dinyatakan normal karena lebih besar dari 0,05, sedangkan homogenitas data post test diperoleh sebear 0,846. Untuk uji t-test diperoleh sebesar -6,310 untuk kelas kontrol dan sebesar -6,162 untuk kelas eksperimen. Dengan demikian video pembelajaran tentang indahnya salat berjamaah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam layak dan efektif untuk digunakan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: video, pembelajaran, kelayakan, keefektifan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 14:27
Last Modified: 22 May 2018 14:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31054

Actions (login required)

View Item View Item