PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “STUDENTS EXPLORE” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI PENINGGALAN DAN TOKOH SEJARAH MASA HINDU-BUDDHA KELAS V DI MI AL-KHAERIYAH KOTA SEMARANG


Jati Muliawan Indroyono , 1102412057 (2017) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “STUDENTS EXPLORE” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI PENINGGALAN DAN TOKOH SEJARAH MASA HINDU-BUDDHA KELAS V DI MI AL-KHAERIYAH KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412057.pdf]
Preview
PDF
Download (825kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa usia Sekolah Dasar (SD) merupakan kegiatan yang sistematis, padat, teoritis namun juga harus dibarengi dengan suasana yang santai dan menyenangkan. Hal ini dikarenakan siswa pada usia SD lebih suka bergerak, aktif, dan merasakan sesuatu secara langsung. Selain itu karakteristik dari mata pelajaran IPS adalah sifatnya yang naratif dan deskriptif, sehingga jika kegiatan pembelajaran terlalu serius, hanya membuat siswa mendengar dan berdiam diri, maka siswa akan mudah merasa jenuh dan pada akhirnya motivasi belajar siswa menurun. Masalah yang ditemui dalam penelitian ini adalah, rendahnya motivasi belajar siswa disebabkan kegiatan pembelajaran yang masih konvensional, konten materi mata pelajaran IPS yang cenderung banyak, dan ditambah rendahnya kepedulian orangtua terhadap pendidikan. Sedangkan, jika merujuk pada perkembangan teknologi yang semakin modern, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu kegiatan pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah media pembelajaran game edukasi. Kelebihan dari media tersebut adalah unsurnya yang menyenangkan, dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan dan menguji kelayakan sebuah media pembelajaran game edukasi; dan (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran game edukasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Langkah-langkah dalam mengembangkan media game edukasi dimulai dari tahap (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) ujicoba pemakaian; dan (9) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran game edukasi teruji layak dengan rerata skor kelayakan dari ahli media I sebesar 73%. Sedangkan dari ahli media II skor kelayakan masuk dalam kategori sangat layak yakni sebesar 97%. Kemudian dari segi ahli materi rerata skor kelayakan juga masuk dalam kategori sangat layak, yakni sebesar 99%. Hasil uji hipotesis pihak kanan diterima, dengan nilai thitung 21,852. Sedangkan ttabel pada signifikansi 5% adalah 1,895. Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (21,852 > 1,895), maka Ho ditolak, sehingga hipotesis jatuh pada penerimaan Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi students explore dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mata pelajaran IPS, pengembangan game edukasi, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 14:22
Last Modified: 22 May 2018 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31053

Actions (login required)

View Item View Item