PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PLUS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING OBJECT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMP 41 SEMARANG

RISKI ANDIKA , 1102412043 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PLUS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING OBJECT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMP 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran di kelas yang satu arah dan tingkat keaktifan yang rendah, masih cukup sering kita temui. Bahkan hampir disetiap jenjang pendidikan mengalaminya. Ini semua bukan hanya karena belum adanya media yang mendukung, namun belum maksimalnya penggunaan media dan masih minimnya variasi pembelajaran yang disampaikan menjadi faktor yang membuat pembelajaran di kelas terkesan selalu satu arah. Pembelajaran yang monoton seperti ini sering kali menjadikan siswa mudah bosan untuk memperoleh informasi, sedangkan guru juga menjadi malas menyampaikan informasi karena melihat tingkat antusias siswa yang rendah. Sebagai motivator dan fasilitator sudah seharusnya seorang guru mampu memaksimalkan pembelajaran. Kombinasi dari penggunaan media sebagai daya Tarik serta Pembelajaran Kooperatif sebagai pemicu keberanian siswa untuk berpendapat sepatutnya di rekomendasikan untuk dapat digunakan sebagai variasi pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Media Pembelajaran Berbasis Learning Object Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII di SMP 41 Semarang, dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data pretest dan posttest dengan pendekatan purposive. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelompok dengan jumlah 32 siswa. Berdasarkan dari hasil uji t-hitung penelitian tersebut yaitu diperoleh α = 5 % dengan dk = 32-1 = 31 diperoleh t-tabel sebesar 2,042. Sedangkan untuk t-hitung diperoleh sebesar 18,66 yang berarti t-hitung = 18,66 > t-tabel = 2,042. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw plus media pembelajaran berbasis learning object terhadap hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Media Pembelajaran, Media Pembelajaran berbasis Learning Object, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 22 May 2018 10:11
Last Modified: 22 May 2018 10:11

Actions (login required)

View Item