ANALISIS FILM KARTUN UPIN IPIN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK RA MIFTAHUL HUDA KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS


Dyah Noviati Kusumaningrum , 1102412031 (2017) ANALISIS FILM KARTUN UPIN IPIN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK RA MIFTAHUL HUDA KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412031.pdf]
Preview
PDF - Accepted Version
Download (684kB) | Preview

Abstract

Film kartun Upin Ipin adalah salah satu film kartun yang banyak digemari oleh anak-anak. Tokoh-tokoh dengan karakter unik dengan cerita yang menarik sesuai dengan kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis nilainilai pendididikan karakter dan nilai pendidikan karakter yang muncul paling banyak dan paling sedikit yang terkandung dalam film kartun Upin Ipin sebagai media pendidikan di TK RA Miftahul Huda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan Focus Group Discussion (FGD), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian film kartun Upin Ipin “Siapa Atan” setelah dianalisis diperoleh data sebanyak 12 jenis nilai pendidikan karakter yang terkandung didalamnya yaitu nilai karakter jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab. Sedangkan film kartun Upin Ipin “Kedai Makan Upin Ipin” setelah dianalisis diperoleh data sebanyak 12 jenis nilai pendidikan karakter yaitu nilai karakter jujur, toleransi, kerja keras, mandiri, demoktratis, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang paling banyak muncul dalam film kartun Upin Ipin “Siapa Atan” adalah nilai menghargai prestasi dan cinta damai yang masing-masing muncul sebanyak 3 nilai, dan nilai yang paling sedikit muncul adalah jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, komunikatif, peduli sosial dan tanggung jawab yang masing-masing muncul sebanyak 1 nilai. Sedangkan nilai pendidikan karakter yang sering muncul dalam Film Upin Ipin “Kedai Makan Upin Ipin” adalah nilai kerja keras sebanyak 6 nilai dan nilai yang paling sedikit muncul adalah jujur, toleransi, mandiri demokratis, peduli sosial dan peduli lingkungan yang masing-masing muncul sebanyak 1 nilai. Simpulan penelitian ini adalah ditemukan sebanyak 12 jenis nilai pendidikan karakter pada masing-masing judul film kartun ini dan dapat dijadikan sebagai media pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter diRA Miftahul Huda. Saran penelitian ini adalah 1) Bagi guru agar dapat memanfaatkan media film Upin Ipin sebagai media pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter, 2) Bagi sekolah perlu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada adegan film Upin Ipin terhadap siswa RA Miftahul Huda, 3) Bagi peneliti yang berminat meneliti dengan tema yang sejenis disarankan untuk menganalisis tokoh karakter film kartun lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: film kartun, media pendidikan, nilai karakter
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 14:03
Last Modified: 22 May 2018 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31050

Actions (login required)

View Item View Item