KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN “RIFAN ANAK MERDEKA” TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS VI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM


Bondan Gayuh Almuazam , 1102412017 (2017) KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN “RIFAN ANAK MERDEKA” TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS VI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412017.pdf]
Preview
PDF - Accepted Version
Download (920kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dari guru ke peserta didik. Video merupakan media audiovisual yang menampilkan gerak serta berisi pesan berupa fakta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektivan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa jawa kelas VI MI Diponegoro 03 Karangklesem. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest – Posttest Control Group Design. Lokasi penelitian ini adalah MI Diponegoro 03 Karangklesem Purwokerto Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian ini dengan rata-rata pretest yaitu 55, dan nilai posttest yaitu 87,5. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh < 24,14 < 2,056 pada α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan media video pembelajaran lebih baik dan efektif daripada hasil pembelajaran menggunakan buku modul untuk kelas VI MI Diponegoro 03 Karangklesem. Hal ini dilihat dari proses pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran berjalan dengan baik, siswa berinteraksi dengan guru, dan guru tidak merasa kesulitan dalam menyampaikan materi karena menggunakan media yang tepat. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan penelitian ini (1) Guru dalam menjelaskan materi dengan menggunakan video pembelajaranlebih detail lagi dalam setiap tahapannya, (2) Siswa untuk memperhatikan guru saat materi pelajaran sedang di jelaskan, memperhatikan video pembelajaran yang sedang ditayangkan dan mencatat materi pelajaran kemudian bertanya ketika belum jelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Video
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 14:00
Last Modified: 22 May 2018 14:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31049

Actions (login required)

View Item View Item