PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PINNACLE STUDIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III SDN CANDI 01 SEMARANG


Panji Setiawan , 1102412013 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PINNACLE STUDIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III SDN CANDI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar selama ini, guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga proses belajar mengajar tersebut menjadi kurang menarik. Selain itu, yang menjadi kendala pada proses belajar mengajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam adalah kemampuan siswa dalam memahami gerakan wudlu yang benar dan bacaan shalat yang benar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut , dikembangkanlah sebuah media video pembelajaraan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengembangkan Video pembelajaran berbasis pinnacle studio tentang tata cara wudlu dan shalat, 2) Mengetahui dan mengukur tingkat keefektifan video pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi wudlu dan shalat untuk siswa kelas III di SD N Candi 01 Semarang. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Candi 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan pendekatan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas data dilakukan dengan teknik spssyaitu dengan menghitung validitas angket siswa,ahli materi dan media. Model pengembangan ADDIE dimulai dari tahap analisis meliputi analisis metode dalam proses pembelajaran, penggunaan, materi, media dan sarana dan prasarana. Tahap berikutnya adalah tahap design meliputi design penyususnan GBIM, penyususnan naskah menjadi produk sesuai dengan GBIM. Lanjut ke tahap berikutnya yaitu tahap implementation atau tahap penerapan media video pembelajaran yang telah jadi. Untuk tahap akhir adalah tahap evaluasi yakni peneliti mengevaluasi kekurangan media pembeljaraan untuk disempurnakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media video pembelajaran berbasis pinnacle studio yang peneliti kembangkan dapat dikatakan layak dan memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi materi memperoleh nilai 92%, sedangkan untuk ahli media mendapatkan nilai dari aspek efisiensi 87,5%, aspek tampilan program 84% dan aspek kualitas teknik dan keefektifan 84,5% , untuk hasil produk dan keefektifan siswa 94,2% oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Pinnacle Studio dikatakan efektif untuk digunakan sebagai media proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan , media pembelajaran , pinnacle studio
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 13:52
Last Modified: 22 May 2018 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31048

Actions (login required)

View Item View Item