IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI DI SMALB TUNAGRAHITA NEGERI SEMARANG


Yuli Patmawati , 1102412012 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI DI SMALB TUNAGRAHITA NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Tunagrahita Pembelajaran bahasa Indonesia dapat diperoleh dari pendidikan formal di sekolah ataupun secara alamiah. Pada dasarnya semua peserta didik adalah sama, tidak hanya yang normal saja yang berhak dan harus mempelajari bahasa Indonesia. Siswa tunagrahita juga harus diberi kesempatan untuk mempelajari bahasa Indonesia. Adapun masalah yang dirumusan sebagai berikut:(1)Bagaimana guru mempersiapkan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMALB Tunagrahita? (2) Bagaimana guru mengimplementasikan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMALB Tunagrahita? (3) Bagaimana guru melakukan evaluasi dan tindak lanjut pada siswa kelas XI SMALB Tunagrahita?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita yang berada di kelas XI yang berjumlah 6 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa tunagrahita terdiri dari:(1)Dalam proses perencanaan pembelajaran, perumusan tujuan baik, materi ajar sesuai dengan tujuan pembelajaran, metode pembelajaran cukup bervariasi, langkah-langkah pembelajaran sudah sesuai, alat dan sumber bahan sangat sederhana, penilaian sudah sesuai dengan baik (2) Pelaksanaan pembelajaran mencakup tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan penyajian inti dan kegiatan penutup dilakukan dengan baik. Mengenai evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan dengan dua penilaian yaitu penilaian sikap dan penilaian tes tertulis. Hambatan pembelajaran Bahasa Indonesia, terdapat beberapa hambatan yaitu hambatan siswa, hambatan konsentrasi siswa, hambatan menulis dan membaca, hambatan sumber belajar, hambatan sarana dan prasarana belajar. Solusi yang di tempuh yaitu guru harus memahami karakter siswanya masing-masing dan menerapkan model pembelajaran semenarik mungkin, guru mencari sendiri buku pembelajaran yang sesuai dan mendownload di internet. Kesimpulan: siswa banyak mengalami hambatan membaca mengingat keterbatasan siswa. Saran : guru agar selalu dekat dengan siswa secara personal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Tunagrahita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 13:45
Last Modified: 22 May 2018 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31047

Actions (login required)

View Item View Item