METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DENGAN KOMPUTER UNTUK PROGRAM LIFE SKILL TIK PAKET C DI SKB KOTA SEMARANG


Adhelina Candra Isnarini , 1102412003 (2017) METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DENGAN KOMPUTER UNTUK PROGRAM LIFE SKILL TIK PAKET C DI SKB KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan hak untuk semua warga masyarakat baik yang mampu maupun yang kurang mampu, dengan adanya SKB membantu semua masyarakat untuk mengemban pendidikan.. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengamati, mendiskripsikan, dan menganalisis : 1) perencanaan pembelajaran metode demonstrasi pada life skill TIK Paket C di SKB Kota Semarang; 2) pelaksanaan pembelajaran metode demonstrasi pada life skill TIK Paket C di SKB Kota Semarang; 3) evaluasi pembelajaran metode demonstrasi pada life skill TIK Paket C di SKB Kota Semarang. Landasan teori dalam penelitian ini adalah pengertian dari metode pembelajaran demontrasi, pengertian dan tujuan keterampilan TIK, program Paket C di SKB. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, selanjutnya data analisis data kontekstual meliputi tiga prosedur yaitu: (1) reduksi; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran menggunakan kurikulum KTSP dan RPP dibuat sendiri oleh pamong guru, metode pembelajaran menggunakan metode demonstrasi karena perlunya penjelasan yang detail untuk para warga belajar SKB. 2) Pelaksanaan pembelajaran TIK menggunakan metode demonstrasi sangat efektif bagi warga belajar di SKB Kota Semarang, karena dengan menggunakan metode tersebut pamong guru dapat menjelaskan dengan rinci materi pembelajaran karena warga belajar sangat sulit memahami. 3) Evaluasi pembelajaran TIK dilakukan oleh pamong guru melalui pengamatan langsung mulai dari persiapan pembelajaran hingga pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil karya peserta didik, dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam penugasan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan perencanaan pembelajaran TIK yang sudah dilakukan pamong guru dan sekolah sebaiknya didukung dengan kelengkapan adminstrasi pembelajaran yang relevan dan kesesuaian silabus dan RPP. Perlunya pergantian jadwal hari pada semua kelas ketrampilan paket C dan adanya buku khusus penilaian untuk mengevaluasi warga belajar dari afektif, kognitif dan psikomotoriknya hingga nilai hasil kerjanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran demonstrasi, program life skill TIK, SKB
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 13:18
Last Modified: 22 May 2018 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31046

Actions (login required)

View Item View Item