IMPLEMANTASI CHARACTER BUILDING DAN CREATIVITY LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD BUKIT AKSARA SEMARANG
Widliati Latifah , 1102412002 (2017) IMPLEMANTASI CHARACTER BUILDING DAN CREATIVITY LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD BUKIT AKSARA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya berbagai macam sekolah swasta nasional yang mengunggulkan karakter. Bukan haya karakter yang menjadi nilai lebih bagi sekolah ini, namun ada kreativitas dalam belajar yang mejadi fokus dari SD Bukit Aksara Semarang. Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari character building dan creativity learning pada proses pembelajaran tematik di kelas 1. Implementasi dari character building dan creativity learning difokuskan pada tiga aspek, yaitu aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep character building dan creativity learning telah disesuaikan dengan tujuan didirikannya SD Bukit Aksara Semarang, yang menciptakan generasi yang kreatif, dinamis, dan berkarakter. Impelementasi character building dan creativity learning pada pembelajaran tematik kelas 1 SD Bukit Aksara Semarang dalam perencanaan character building dan creativity learning pada proses pembelajaran tematik kelas 1 SD Bukit Aksara telah sesuai dengan tujuan dari character building dan creativity learning yang mememfokuskan karakter dengan adanya fokus karakter dimaisng-maisng tingkatan kelas, fokus karakter di kelas 1 adalah tertib dan sabar. Nilai kreativitas dan fokus karakter diintegrasikan kedalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun diluar sekolah dan melalui bentuk bekerja sama dengan orang tua. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi, proses pembelajaran lebih menarik karenaa siswa langsung mempraktikkannya, sehingga siswa akan lebih meyakini kebenaran materi pembelajaran. Evaluasi pada saat implementasi character building dan creativity learning pada proses pembelajaran tematik, dilakukan melalui circle time, pembian rapor, school of parenting, dan pada saat group sharing. Character building dan creativity learning diterapkan di kelas 1 dengan pembelajaran tematik, karena usia siswa kelas 1 merupakan usia emas dimana anak sangat mengoptimalkan kemampuan yang ada pada dirinya. Menggunakan pembelajaran tematik karena terdapat tema yang dapat menjadi penghubung yang berperan sebagai pengintegrasi creativity learning dalam pembelajaran di kelas. Saran penelitian yang dapat diberikan adalah bagi SD Bukit Aksara Semarang, sekolah terus meningkatkan character building dan creativity learning pada pembelajaran tematik serta sarana dan prasarana terus ditingkatkan untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kreativitas, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2018 13:11 |
Last Modified: | 22 May 2018 13:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31045 |
Actions (login required)
View Item |