EVALUASI MEDIA ALAT PERAGA SISTEM STARTER SEPEDA MOTOR PADA MATA PELAJARAN SISTEM STARTER DI SMK NEGERI 1 KEDUNG PECANGAAN JEPARA
Ahmad Ismail , 1102411108 (2017) EVALUASI MEDIA ALAT PERAGA SISTEM STARTER SEPEDA MOTOR PADA MATA PELAJARAN SISTEM STARTER DI SMK NEGERI 1 KEDUNG PECANGAAN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (970kB) | Preview |
Abstract
Media Pembelajaran merupakan sarana pendukung untuk mempermudah siswa dalam memahami materi mata pelajaran. Seperti halnya media peraga Sistem Starter Sepeda Motor dalam mata pelajaran sistem starter kelas XI SMK Negeri 1 Kedung Jepara yang membantu siswa dalam meningkatkan prestasi akademiknya, akan tetapi media pembelajaran tersebut belum melalui tahap evaluasi yang baik dan benar. Dari latarbelakang tersebut maka peneliti ingin meneliti kualitas media pembelajaran tersebut ditinjau dari aspek: (1)kualitas isi dan tujuan, (2) kualitas Instruksional, (3) kualitas teknis. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan model kesenjangan (discrepancy model). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kualitas isi dan tujuan media alat peraga sistem starter sepeda motor pada data standar dan data empiris terjadi kesenjangan/discrepancy dalam kategori yang “sangat sedikit” hal ini terjadi dikarenakan pada media alat peraga sistem starter sepeda motor belum sepenuhnya terdapat materi tambahan yang mampu menunjang proses pembelajaran, (2) Kualitas instruksional media alat peraga sistem starter sepeda motor pada data standar dan empiris menyatakan tidak ada kesenjangan/discrepancy yang terjadi., (3) Kualitas Teknis media alat peraga sistem starter sepeda motor pada analisis data standar dan empiris menunjukkan bahwa adanya kesenjangan/discrepancy dalam kategori “kecil”. Hal ini terjadi dikarnakan pada dokumentasi/penampang media alat peraga sistem starter terdapat beberapa kekurangan, diantaranya yaitu petunjuk dan keterangan simbol masih ada yang kurang lengkap seperti keterangan tombol On/Off dan laju arus pada panel visualisasi arul listrik. Selain itu ada beberapa lambang dan simbol pada komponen sistem starter belum diberikan.. Saran: (1) perlu diperhatikan bahwa pada penjelasan materi yang disampaikan guru hendaknya memberikan tambahan materi lain yang mampu membangun pemahaman siswa secara utuh dan menunjang hasil belajar. Selain itu gunakan bahasa yang fleksibel dan familiar dengan siswa sehingga akan mengatasi kebakuan petunjuk pada media alat peraga sistem starter sepeda motor. (2) perlu ditambahkan keterangan tombol On/Off dan laju arus pada panel visualisasi arul listrik, serta lambang dan simbol pada komponen sistem starter dilengkapi. Sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang terkandung dalam media dan kesalahan tafsir terhadap materi yang ada pada media akan terminimalisir.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesenjangan (discrepancy), Evaluasi, Media Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > L Education (General) > Instructional Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2018 13:09 |
Last Modified: | 22 May 2018 13:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31044 |
Actions (login required)
View Item |