DEKONSTRUKSI PERAN KEIBUAN PADA HERO PEREMPUAN (STUDI FENOMENOLOGI PADA DOTA 2 FEMALE GAMERS)


Abinzar Airlandha , 1102411103 (2017) DEKONSTRUKSI PERAN KEIBUAN PADA HERO PEREMPUAN (STUDI FENOMENOLOGI PADA DOTA 2 FEMALE GAMERS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102411103.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (982kB) | Preview

Abstract

Pengambilan masalah ini setelah melihat pandangan masyarakat akan profesi gamers yang selalu dipandang negatif baik dari sisi keluarga atau masyarakat, dan juga masih pasifnya gender perempuan dalam dunia E-Sports di Indonesia. Dengan penelitian ini diharapkan peneliti mampu membuka pandangan masyarakat bahwa tidak selamanya game itu memberikan pengaruh negatif, bahkan saat ini gamers sudah merupakan profesi utama bagi sebagian orang di dunia. Tidak hanya pembuat atau developer saja, pemain pun sekarang sudah menjadi profesi yang tidak bisa dianggap remeh. Hal itu didukung dengan sponsor - sponsor yang berkaitan dengan dunia komputer dan itu termasuk materi dan juga relasi beserta pengalaman yang tak berujung. Observasi dilapangan terhadap Dekonstruksi Peran Keibuan pada anggota Team Phoenix Esports Cukup diterima dengan baik di lingkungan sekitarnya, ini ditunjukkan dari respon positif baik dari pelatih, manajer, maupun keluarga anggota tim. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini yaitu peran keibuan yang seperti apa yang dapat terdekonstruksi pada para wanita yang suka bermain DOTA 2 ? bagaimana game DOTA 2 yang fokus pada hero perempuan dapat mendekonstruksi peran keibuan pada wanita yang suka memainkannya ? mengapa DOTA 2 yang memiliki hero perempuan dengan berbagai jenis dan kekuatan berbeda mampu mendekosntruksi peran keibuan pemainnya ? Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif karena berdasarkan pada kondisi alamiah. Subjek penelitian adalah anggota Team Phoenix Esports pada tahun 2016 dengan sampel 2 anggota. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis data, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data Display), data penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dekonstruksi Peran Keibuan yang terjadi pada diri anggota Tim Phoenix Esports berlangsung secara positif. Dikarenakan menurut orang – orang disekitarnya perubahan tersebut sangat membantu dan tepat guna dalam kehidupan baik dalam dunia game (E-sports) maupun dalam dunia nyata (Real – life) Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan yaitu Dekonstruksi Peran Keibuan efektif ketika dilakukan oleh para female gamers di dunia E-sports khususnya di Indonesia. Saran dari peneliti tentang dekonstruksi peran keibuan yaitu tetap menjadi diri sendiri, karena bagaimanapun wanita tetaplah wanita tidak bisa menggantikan peran laki – laki dengan berbagai cara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dekonstruksi Peran, Peran Keibuan, Game Online, DOTA 2
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 13:03
Last Modified: 22 May 2018 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31043

Actions (login required)

View Item View Item