KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS FLASH DALAM PEMBELAJARAN CALISTUNG POKOK BAHASAN PEMBUATAN DODOL PISANG DI PKBM BAGUS WANDIRA KABUPATEN SEMARANG


Fernando Agung Wahyu Nugroho , 1102411081 (2017) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS FLASH DALAM PEMBELAJARAN CALISTUNG POKOK BAHASAN PEMBUATAN DODOL PISANG DI PKBM BAGUS WANDIRA KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102411081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti, ketika tutor mengajar di dalam kelas mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi keaksaraan fungsional pokok bahasan pembuatan dodol pisang, hal ini ditengarai karena belum adanya media pembelajarannya yang inovatif. Warga belajar tampak berbicara sendiri, bermain sendiri dan kurang memperhatikan. Itu terjadi karena tutor sering menggunakan media konvensional, sehingga warga belajar merasa bosan. Mengantisipasi kendala tersebut, dibutuhkan suatu media pembelajaran baru yang menarik serta dapat merangsang imajinasi dan berpikir, salah satunya adalah multimedia pembelajaran berbasis flash tentang “Pembuatan Dodol Pisang” pada materi tema makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif multimedia pembelajaran berbasis flash “Pembuatan Dodol Pisang” terhadap kognitif warga belajar. Metode yang dipakai adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pola pre test-post test group design. Observasi yang dilakukan sebelum implementasi yaitu pretest yaitu dengan cara memberikan soal test kepada warga belajar yang berjumlah 15 soal. Sedangkan observasi setelah implementasi yaitu post test dengan cara memberikan soal yang sama dari soal pre test hanya saja diacak nomor soalnya. Tahapan penelitian ini dimulai dengan tahap pra-penelitian yang observasi awal dan penelitian perencanaan, tahap penelitian adalah melakukan penelitian untuk mengambil data, dan setelah-penelitian menyimpulkan hasil penelitian dan data analisis. Analisis data dilakukan dengan uji satu sampel untuk menghitung perkembangan kognitif warga belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis flash yang digunakan untuk menyampaikan materi makanan dengan pokok bahasan pembuatan dodol pisang dikategorikan sebagai efektif. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan menggunakan derajat kepercayaan 0,05 dan db = 41 sehingga diperoleh ttabel = 2,680. Dikarenakan thitung = 2,757, Karena thitung ≥ ttabel maka hipotesis (Ha) diterima. Media pembelajaran tema makanan pokok bahasan pembuatan dodol pisang efektif pada pembelajaran Keaksaraan Fungsional PKBM Bagus Wandira Kabupaten Semarang dan karena hal tersebut media dikatakan efektif. Tutor harus memanfaatkan fasilitas dan menggunakan multimedia pembelajaran berbasis flash sehingga suasana belajar lebih menyenangkan tanpa mengurangi esensi dari materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Dodol Pisang, Multimedia Pembelajaran Flash, Keaksaraan Fungsional.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 17:19
Last Modified: 21 May 2018 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31042

Actions (login required)

View Item View Item