PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TKJ POKOK BAHASAN INSTALASI KABEL JARINGAN KELAS XI SMK TARUNA KRADENAN


Aditya Pratama , 1102410067 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TKJ POKOK BAHASAN INSTALASI KABEL JARINGAN KELAS XI SMK TARUNA KRADENAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102410067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (687kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kendala yaitu terbatasnya media pembejaran dan sarana yang ada sehingga siswa cenderung kurang menyerap materi dalam pembelajaran mata pelajaran Produktif TKJ pokok bahasan instalasi kabel jaringan. Kurangnya sarana dan media pembelajaran yang digunakan membuat hasil belajar siswa kurang maksimal. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, nilai siswa kelas XI pada ulangan harian hanya 60% siswa lulus kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif (MPI) dan mengetahui keefektifan MPI terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK Taruna Kradenan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Research and Development. Kegiatan research dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan pengguna, sedangkan kegiatan development dilakukan untuk menghasilkan produk MPI. Setelah produk dihasilkan dapat dilanjutkan pada tahap implementation yakni penerapan. Tahap terakhir setelah penerapan yakni, mengevaluasi kekurangan yang ada pada MPI untuk dapat disempurnakan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif persentase. Penelitian ini lebih menitik beratkan pada bagaimana mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif tersebut sehingga data dianalisis dengan sistem deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa MPI yang peneliti kembangkan layak dan memenuhi syarat untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil validasi isi, tampilan, dan keefektifan produk oleh ahli materi sebesar 93,75% dinyatakan sangat baik. Selain itu, program MPI ini bisa dikatakan valid karena hasil pengujian juga diperoleh dari dua ahli media dengan nilai total rata-rata persentase 85,1% dinyatakan baik. Hasil tersebut diperoleh dari lima variabel yaitu aspek materi, aspek bahasa, aspek desain tampilan, aspek audio, dan aspek video dengan persentase skor rata-rata 82% untuk aspek materi, 83,5% untuk aspek bahasa, 79% untuk aspek desain tampilan, 95% aspek audio, dan 86% untuk aspek video. Hasil uji efektifitas MPI terhadap hasil belajar siswa memperoleh hasil yang baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan data hasil tes siswa sebelum (pretest) dan setelah menggunakan MPI (postest). Rata-rata nilai siswa pada saat pretest yaitu 61,71 sedangkan rata-rata nilai siswa pada postest 87,29. Maka disimpulkan bahwa MPI ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Taruna Kradenan. Saran yang dapat diberikan hendaknya guru dapat memperbanyak media pembelajaran untuk menggantikan peran alat peraga agar suasana belajar menjadi menarik dan lebih menyenangkan tanpa mengurangi isi dari materi pelajaran yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flash, Media Interaktif, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 17:12
Last Modified: 21 May 2018 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31041

Actions (login required)

View Item View Item