KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR PENGGABUNGAN GAMBAR BITMAP KELASXIJURUSAN MULTIMEDIA SMKNEGERI 8 SEMARANG


Rizkhy Fathur Pramadya , 1102410039 (2017) KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR PENGGABUNGAN GAMBAR BITMAP KELASXIJURUSAN MULTIMEDIA SMKNEGERI 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102410039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat penerapan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs sebagai penunjang pembelajaran mata pelajaran Pengolahan Citra Digital Kelas XI jurusan Multimedia SMK Negeri 8 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keefektifan perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi Practice-Rehearsal Pairs dengan siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran konvensional pada pembelajaran Pengolahan Citra Digital materi penggabungan gambar bitmap. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MM 2 dan XI MM3 jurusan multimedia SMK N 8 Semarang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola NonequivalentControlGroupDesign. Desain penelitian diawali dengan observasi awal dan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan, perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada pembelajaran Pengolahan Citra Digital kelas XI MM. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian posttest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Hasil penelitian membuktikan adanya perbedaan hasil belajar yang cukup signifikan antara siswa sebelum diberi treatment dengan soal pretest dan sesudah dengan mengerjakan soal posttest. Karena telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk mata pelajaran Pengolahan Citra Digital adalah 75. Adapun rata-rata nilai pretest siswa kelas XI MM-3 adalah 72,35 dan rata-rata nilai posttest siswa kelas XI MM-3 adalah 85.41. Sehingga terdapat kenaikan rata-rata nilai siswa setelah menggunakan strategi Practice Rehearsal Pairs sebesar 13.06 atau 15%. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan strategi Practice Rehearsal Pairs lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa XI MM di SMK N 8 Semarang serta motivasi siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Hasil Belajar, Practice Rehearsal Pairs
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 17:08
Last Modified: 21 May 2018 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31040

Actions (login required)

View Item View Item