PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PARAGRAF DENGAN MEDIA BIG BOOK GAMBAR DUA DIMENSI UNTUK KELAS 3 SD DI KECAMATAN KUTOARJO


Fatwa Kusuma Putri , 1401413021 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PARAGRAF DENGAN MEDIA BIG BOOK GAMBAR DUA DIMENSI UNTUK KELAS 3 SD DI KECAMATAN KUTOARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413021.pdf]
Preview
PDF
Download (752kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah ketersediaan bahan ajar yang masih terbatas untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan rendahnya nilai siswa. Selain itu media yang digunakan guru dalam pembelajaran materi paragraf menggunakan gambar berseri sekali pakai. Dengan demikian peneliti mengembangkan buku panduan menulis paragraf dengan media big book untuk siswa kelas 3. Tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan profil menulis paragraf untuk siswa kelas 3, (2) mendeskripsikan penilaian ahli media dan ahli materi terhadap prototipe buku panduan menulis paragraf dengan media big book dua dimensi untuk siswa kelas 3, dan (3) mendeskripsikan uji keefektifan terbatas pada siswa kelas 3 SDN Senepo. Penelitian ini menggunakan teori Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi tujuh langkah, yaitu (1) pengukuran kebutuhan, (2) menetapkan rancangan produk, (3) uji coba rancangan, (4) uji coba skala kecil, (5) revisi hasil uji coba skala kecil, (6) menguji keefektifan terbatas, (7) menyempurnakan produk dan dilanjutkan dengan mendeskripsikan hasil uji keefektifan. Data diperoleh melalui angket kebutuhan guru dan siswa, sedangkan lembar validasi berasal dari ahli media dan materi. Hasil penelitian pengembangan sebagai berikut (1) hasil kebutuhan guru dan siswa diperoleh jawaban yaitu a) isi buku panduan sesuai dengan SK dan KD, b) penyajian buku panduan harus urut dari tujuan pembelajaran, materi runtut, desain buku menarik, ada soal evaluasi, c) kegrafikan meliputi ukuran buku B5, bentuk buku persegi panjang, warna kertas putih, sampul berwarna cerah, ada ilustrasi, dan ketebalan buku < 30 halaman, d) bahasa baku dan kalimat bervariasi; (2) hasil penilaian ahli memperoleh nilai akhir 172, nilai tersebut dikonversikan ke tabel kriteria validitas ahli media dan ahli matri tergolong sangat valid; (3) hasil uji keefektifan terbatas siswa kelas 3 SDN Senepo memperoleh nilai rata-rata 85 kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran untuk membantu siswa kelas 3 dalam menulis paragraf, sebaiknya menggunakan buku panduan menulis paragraf; untuk mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran menulis paragraf, dapat menggunakan buku panduan menulis paragraf.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan; menulis paragraf; media big book.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 14:30
Last Modified: 21 May 2018 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31033

Actions (login required)

View Item View Item