KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR BUMI SISWA KELAS V SD NEGERI SUMURPANGGANG 1 KOTA TEGAL


Herlin Ernandatika , 1401413017 (2017) KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR BUMI SISWA KELAS V SD NEGERI SUMURPANGGANG 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (898kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA membahas tentang alam dan semua isinya. Sebagian besar siswa SD kurang memahami materi pembelajaran IPA, karena materi tentang alam bersifat abstrak. Hal ini kurang sesuai dengan tahap perkembangan anak di usia SD, karena pada masa usia SD anak masih pada tahap operasional konkret, sehingga perlu dibantu media pembelajaran untuk menjelaskan materi. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru yang sesuai dengan kemajuan teknologi adalah media berbasis komputer atau multimedia berupa prezi. Hasil penelitian yang relevan menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media prezi efektif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsi dan menganalisis keefektifan penggunaan media prezi terhadap minat dan hasil belajar materi struktur bumi siswa kelas V SD Negeri Sumurpanggang 1 Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu 49 siswa kelas V SD Negeri Sumurpanggang 1 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors, uji Levene untuk uji homogenitas, uji Independent Samples t-test, uji One Sample t-test, serta uji Bivariate untuk uji hipotesis. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar, terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansinya 0,000 (0,000 < 0,05) dan uji hipotesis keefektifan minat belajar menghasilkan nilai thitung > ttabel (6,473 > 2,069), sehingga media prezi efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansinya 0,000 (0,000 < 0,05) dan uji hipotesis keefektifan hasil belajar menghasilkan nilai thitung > ttabel (6,982 > 2,069), sehingga media prezi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji hubungan menunjukkan nilai rhitung ≥ rtabel (0,912 ≥ 0,344), sehingga ada hubungan positif yang sangat besar antara minat dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan media prezi dapat digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media prezi, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 14:30
Last Modified: 21 May 2018 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31030

Actions (login required)

View Item View Item