PENGGUNAAN INSTRUCTIONAL MATERIALS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN KONVENSIONAL (KARBURATOR) PADA MATA KULIAH PERAKITAN OTOMOTIF II JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Achmad Husni Suaidi , 5201405033 (2010) PENGGUNAAN INSTRUCTIONAL MATERIALS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN KONVENSIONAL (KARBURATOR) PADA MATA KULIAH PERAKITAN OTOMOTIF II JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN INSTRUCTIONAL MATERIALS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN KONVENSIONAL (KARBURATOR) PADA MATA KULIAH PERAKITAN OTOMOTIF II JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (1939Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang Penggunaan Instructional Materials Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Tentang Sistem Bahan Bakar Motor Bensin Konvensional (Karburator) Pada Mata Kuliah Perakitan Otomotif II Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran instructional materials dan mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa setelah menggunakan Instructional Materials Tentang Sistem Bahan Bakar Motor Bensin Konvensional (Karburator) Pada Mata Kuliah Perakitan Otomotif II Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Metode Penyusunan Tes Karena belum ada tes standar, maka dibuat soal-soal tes kompetensi sistem bahan bakar motor bensin konvensional (karburator). Tipe soal yang digunakan adalah bentuk essay dengan model pre test dan post test. Dalam pembuatan instrumen penelitian ini mengacu kepada indikator soal. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perakitan Otomotif II Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang terdiri dari 43 mahasiswa (rombel 2). Karena melakukan penelitian hanya satu kelas maka yang diambil adalah seluruh populasinya. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan antara hasil belajar sebelum menggunakan instructional materials dan setelah menggunakan instructional materials pada mata kuliah Perakitan Otomotif II . Hal itu terlihat pada hasil nilai rata-rata sebelum menggunakan instructional materials sebesar 44,92 dan nilai rata-rata setelah menggunakan instructional materials sebesar 81,40. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 81,21% dari hasil sebelum menggunakan instructional materials. Penggunaan instructional materials pada sistem bahan bakar motor bensin konvensional (karburator) sebaiknya digunakan pada setiap perkuliahan praktik perakitan otomotif II sehingga kegiatan belajar-mengajar mahasiswa menjadi termotivasi dan mampumeningkatkan pemahaman mahasiswa tentang sistem bahan bakar motor bensin konvensional (karburator) pada mata kuliah perakitan otomotif II.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Instructional Materials, motor bensin
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 01 Aug 2011 03:10
    Last Modified: 25 Apr 2015 01:03

    Actions (login required)

    View Item