PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN SENI MELIPAT KERTAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS III SDN SRIKATON 01KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI


Nomi Yunita , 1401413010 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN SENI MELIPAT KERTAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS III SDN SRIKATON 01KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan dalam menciptakan karya seni tiga dimensi di SDN Srikatonn 01 masih kurang, pada pembelajarankerajinan tangan guru hanya mengajarkan lipatan-lipatan sederhana kepada siswa karena belum memiliki media yang berupa buku panduan materi seni melipat kertas (Origami).Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain buku pandun serta mengkajikelayakan dan keefektifan dari buku panduan seni melipat kertas terhadap terhadap hasil belajar SBK siswa kelas 3 SDN Srikaton 01 Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis RnD. Subjek dalam penelitian ini terdiri 9 siswa pada uji coba kecil dan 47 siswa pada uji coba besar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikrandom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji N-Gain dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku panduan seni melipat kertas dibuat dengan menggunakan Adobe Photoshop dengan 8 bentuk origami disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan guru (2) dalam pengujian kelayakan buku panduan oleh ahli media sebesar 95% hal tersebut menunjukkan buku pandun sangat layak untuk diuji cobakan, sedangkan oleh ahli materi sebesar 94% hal tersebut menunjukkan bahwa buku panduan sangat layak untuk diuji cobakan. (3) ada perbedaan antara rata-rata nilai SBK materi origami sebelum menggunakan buku paduan dan sesudah menggunakan buku panduanditunjukkan dari nilai thitung>ttabel yaitu 7,95> 2,228 Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmu pada pembelajaran SBK, bagi guru hendaknya dapat meningkatkan kreativitas dibidang menciptakan karya tiga dimensi dan bagi siswa hendaknya meningkatkan minat dan motivasi dalam pembelajaran SBK khususnya dalam menciptakan karya tiga dimensi. Bagi penelitian selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan bentuk origami lain yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, Origami, hasil belajar SBK
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 14:29
Last Modified: 21 May 2018 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31024

Actions (login required)

View Item View Item