PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERCERITA ADAT ISTIADAT TABUK CENTONG UNTUK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 04 LARANGAN
Amaliyah Tri Safitri , 2601411031 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERCERITA ADAT ISTIADAT TABUK CENTONG UNTUK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 04 LARANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (484kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini: (1) bagaimana kebutuhan siswa tentang pembelajaran bercerita adat istiadat Tabuk Centong di SMP Negeri 04 Larangan, (2) bagaimana kebutuhan guru tentang pembelajaran bercerita adat istiadat tabuk centong di SMP Negeri 04 Larangan, (3) bagaimana desain prototip media pembelajaran audio visual bercerita adat istiadat tabuk centong untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 04 Larangan, (4) bagaimana hasil validasi ahli prototip media pembelajaran audio visual bercerita adat istiadat tabuk centong untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 04 Larangan. Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa tentang pembelajaran bercerita adat istiadat tabuk centong di SMP Negeri 04 Larangan. (2) mendeskripsikan kebutuhan guru tentang pembelajaran bercerita adat istiadat tabuk centong di SMP Negeri 04 Larangan. (3) menyusun desain prototip media pembelajaran audio visual bercerita adat istiadat tabuk centong Jawa tradisi tabuk centong untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 04 Larangan. (4) mendeskripsikan validasi media pembelajaran audio visual bercerita adat istiadat tabuk centong untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 04 Larangan. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Research and Delelopment (R&D). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan guru dan siswa membutuhkan media media audio visual bercerita bahasa jawa seperti cerita yang berasal dari daerah Brebes. Hasil prototipe media VCD bercerita adat istiadat Tabuk Centong berdurasi 08 menit 35 detik yang terdiri dari: (1) Pembukaan media, (2) Isi meia, (3) Penutup. Hasil uji ahli diperolah presentase 75,24% yang masuk kategori baik dengan beberapa revisi. Hasil penilaian guru terhadap prototipe media diperoleh presentase 86,67% yang tergolong kategori baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: audio visual, cerita jawa, tradisi tabuk centong |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 18 May 2018 13:10 |
Last Modified: | 18 May 2018 13:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31016 |
Actions (login required)
View Item |